Jember Kota Cerutu Indonesia (Agustus 2021)

Indonesia merupakan salah satu penghasil cerutu terbaik kelas dunia Dan Jember dikenal sebagai daerah penghasil tembakau bahan cerutu yang tersohor di Indonesia bahkan sejak zaman Belanda.

Guna mempromosikan keunggulan tersebut tahun ini Jember Kota Cerutu Indonesia kembali digelar pada bulan Agustus 2021 mendatang Ajang ini menjadi festival temu bisnis dan juga pameran cerutu terbaik kelas dunia dari Jawa Timur yang dinanti oleh para penggemarnya.

Rencanaya tahun ini ajang JKCI akan diselenggarakan secara hybrid bekerjasama dengan platform Tokopedia sale Ajang ini menjadi andalan dalam mendatangkan multiplier effect dari segi ekonomi maupun sektor pariwisata.

Berkaca di even sebelumnya pada tahun 2019 lalu Jember Kota Cerutu Indonesia mempertemukan 178 lebih tamu undangan Tamu undangan tersebut datang dari berbagai kalangan kolega cigar lovers baik dari dalam maupun luar negeri.

Meski kegiatan ini dikatakan berskala nasional namun di gelaran JKCI 2019 lalu tamu-tamu asing tampak hadir Seperti dari Malaysia Singapura Turki Perancis Jerman Cina dan juga perwakilan Habanos Kuba untuk Asia Mr Gonzalo Alvares Elola.

JKCI menjadi ajang festival cigar yang sukses digelar sebagaimana gelaran festival cerutu di negara lain Diantaranya Kuba Dominika dan Nikaragua yang rutin menggelar festival.

Kini JKCI telah dikukuhkan sebagai salah satu agenda tahunan Kabupaten Jember Acara yang diinisiasi oleh salah satu pabrikan cerutu ternama Jember PT Boss Image Nusantara (BIN Cigar) ini akan kembali digelar di Pondok Gaharu Taman Botani Sukorambi Jember JawaTimur.

Mengambil konsep kolaborasi seluruh elemen potensial ajang ini turut menggandeng beberapa UMKM dan perusahaan untuk turut berpartisipasi memeriahkan JKCI.

MDR (Mangli Djaya Raya) Afa Cokelat Legendaris Kopi Bedhag Coffee Kopi Purwaceng dan Mitratani 27 merupakan perusahaan dan UMKM yang ikut mengambil bagian dalam acara ini.

Dalam acara ini juga terselenggara kesepakatan kontrak kerjasama dengan kurang lebih 12 buyer lokal dan asing diantaranya Agen Bali dan beberapa buyer dari Thailand dan Cina dengan total kontrak sebesar 15 Miliyar rupiah Selain itu melalui acara ini Jember berhasil dikukuhkan oleh Bapak Ir La Nyalla Mahmud Mattalitti Ketua DPD Republik Indonesia sebagai Jember Kota Cerutu Indonesia dan acara ini akan menjadi acara tahunan di Kabupaten Jember.

 

Keunggulan dari JKCI event unggulan Jawa Timur ini juga dilengkapi dengan  pagelaran seni budayapesta rakyat Jawa Timur Kegiatan ini sinergi dengan sanggar-sanggar lokal yang sekaligus menjadikan event ini sebagai etalase kesenian Jawa Timur.

Gallery