Jember Fashion Carnival (Agustus 2021)

Jember Fashion Carnaval merupakan event karnaval busana berskala nasional dan disebut sebagai karnaval terbaik tanah air.

Dihelat rutin setiap tahun Jember Fashion Carnaval asli Kabupaten Jember hingga kini menduduki posisi ketiga karnaval terbesar di dunia setelah Rio de Janeiro Carnaval di Brasil dan Pasadena Flower Carnaval di Los Angeles Amerika Serikat.

Perpaduan penyelenggaraan konsep karnaval busana dan aksesori dalam Art wear carnival di Jember Fashion Carnaval menjadi merupakan terobosan yang selalu dilakukan dari tahun ke tahun.

Srivijaya Empire Bali King of Papua Mystical Toraja Siger Crown Lampung Borneo Chronicle of Borobudur Mythical Toraja Wonderful of Betawi dan Unity in Diversity adalah tema-tema yang diangkat dalam Jember Fashion Carnaval.

Dengan kreatifitas seni yang tinggi Ajang ini mampu mengangkat dan menggaungkan busana nusantara ke tingkat dunia.

Setiap tahunnya Jember Fashion Carnanal melibatkan 1.000 hingga 1.200 orang peserta Dalam rangkaiannya para peserta mendapatkan pendampingan sejak rekrutmen pembuatan kostum hingga penjurian Hingga Di hari H para peserta berjalan sepanjang rute dua kilometer memamerkan art wear carnival yang telah mereka buat.

Karnaval ini disaksikan ratusan ribu penonton domestik dan internasional yang menjadi satu di sepanjang jalan Mayoritas peserta yang mengikuti JFC terdiri dari masyarakat Jember Selain itu juga diramaikan artis lokal dan ibukota untuk terlibat dalam acara ini.

Keberhasilan Jember Fashion Carnaval bukan hanya dalam menyajikan karnaval busana terbaik Lebih dari itu Jember Fashion Carnaval menjadi lokomotif penggerak pariwisata Kabupaten Jember.

JFC menjadi ceruk meningkatkan kedatangan wisatawan ke Jember dan mampu membuat wisatawan tinggal di Jember hingga lebih dari dua hari Yang secara otomatis menjadikan Jember Fashion Carnaval penyumbang kedatangan wisatawan mancanegara yang dignifikan bagi Indonesia  .

Dan tentu saja JFC disebut sebagai ikon industri kreatif Jember dan Indonesia Yang dalam setiap gelarannya mampu menggerakkan sederet bisnis pariwisata yang ada di Kabupaten Jember.

Mulai dari tingkat hunian hotel di Jember yang menjadi seratus persen setiap kali JFC digelar meningkatkan jumlah kedatangan wisatawan menggunakan pesawat dan kereta dan membuat panen raya industri kuliner Selain itu setiap event ini digelar juga membuat destinasi wisata di Jember turut merasakan banjirnya pengunjung  Hal ini menunjukkan bahwa Jember Fashion Carnaval mendatangkan multiplier effect di bidang ekonomi.

Dari segi manfaat seni dan budaya Jember Fashion Carnaval menjadi promosi yang efektif untuk kebudayaan Indonesia ke kancah global Dan tentunya menjadikan kemajuan indistri kreatif dari Jember dan Indonesia.

Tahun ini Jember Fashion Carnaval akan kembali digelar pada bulan Agustus 2021 dan digadang akan menggairahkan kembali Pariwisata nasional

 

Gallery