Gandrung Sewu (Desember 2022)

Festival Gandrung Sewu merupakan pertunjukan tari kolosal oleh 1000 orang menampilkan tarian asli Kabupaten Banyuwangi Tari Gandrung.

Digelar di Pantai Boom aksi tari kolosal berskala nasional ini ditampilkan dengan tema etnik yang dibalut dalam rangkaian sendratari.

Tari gandrung sendiri berkisah tentang perjuangan heroik rakyat Blambangan dalam melawan penjajah Tari gandrung juga menjadi pemersatu masyarakat Blambangan yang tercerai berai di berbagai desa dan pelosok saat diserang oleh penjajah.

Penampilan seribu penari Gandrung ini semakin epic lantaran dilakukan di tepi pantai dengan berlatar belakang selat Bali.

Festival ini menampilkan keindahan gerak tari dalam balutan busana merah menyala indahnya mahkota berwarna emas dan juga sampur yang menjuntai Penampilan tari gandrung kian rancak dengan diiringi alunan musik kempull biola dan juga juga kendang dan kluncing.

Digelar rutin tiap tahun dalam sembilan tahun terakhir Festival Gandrung Sewu selalu menjadi atraksi yang ditunggu-tunggu para wisatawan Meski skalanya lokal namun festival ini beberapa kali juga turut dihadiri tamu dari mancanegara.

Di tahun 2021 ini Festival Gandrung Sewu akan dihelar pada 4 Desember 2021 Kegiatan ini menjadi daya dorong sektor pariwisata Kabupaten Banyuwangi dalam mendatangkan kembali wisatawan setelah diterpa pandemi covid-19.

Sebab dari data Pemkab Banyuwangi gelaran even tahunan ini selalu sukses membuak sektor bisnis akomodasi di Banyuwangi laku keras Tak hanya hotel namun penerbangan ke Banyuwangi melonjak transportasi lokal padat dan juga gerai-gerai kuliner terserbu habis.

Tak hanya itu terselenggaranya Festival Grandrung Sewu juga membawa berkah bagi pelaku UMKM dan perajin kain batik Dalam setiap penampilan para penari mengenakan kain sewek yang baru dan mereka semua pesan dibeberapa UKM batik Belum lagi kipas yang digunakan juga menjadi komoditas UMKM yang mendadak laris lantaran Festival Gandrung Sewu Sehingga gelaran ini memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat.

Pada Desember mendatang Festival Grandrung Sewu akan diramaikan dengan pameran ekonomi kreatif 10 stan pameran UMKM tenan kuliner pameran lukisan pameran fotografi dan rangkaian kegiatan lainnya

Gallery