Wana Wisata Banyu Nget merupakan daya tarik wisata di Kabupaten Trenggalek yang banyak diminati karena memiliki suasana yang asri, alami, dan sejuk dengan udara khas pegunungan. Wana wisata ini terletak di kawasan Hutan Durian di Dusun Ketro, Desa Dukuh, Kecamatan Watulimo, berjarak sekitar 38 Km dari pusat kota Trenggalek. Wana Wisata Banyu Nget mudah diakses dengan berkendara kurang lebih 70 menit, serta berada dalam satu jalur dengan wisata Gua Lowo, Pantai Prigi, Pantai Simbaronce, Pantai Pasir Putih, Pantai Damas, dan Pantai Cengkrong yang terletak di ujung timur pesisir selatan Trenggalek.

 

Nama Banyu Nget diambil dari karakter air salah satu area telaga yang memang terasa lebih hangat alami dibanding area lain. Bukan karena belerang, tapi air yang menyembur keluar dari bawah memang mengandung panas alami. Banyak warga yang percaya air hangat alami tersebut memiliki khasiat untuk penyembuhan penyakit dan obat awet muda.

 

Wana Wisata Banyu Nget meliputi luas area kurang lebih 7 hektar. Jadi siapkan mental dan fisik anda, karena menyusuri daya tarik wisata alam yang satu ini cukup menguras tenaga. Memasuki Wana wisata Banyu Nget, anda akan disuguhi beragam pilihan aktifitas untuk anda nikmati, di antaranya menaiki sepeda udara, bersantai di hammock, berendam di kolam air hangat, menikmati pemandangan air terjun Urang Kambu, Batu Payung, dan Goa Grojog dan tentunya berswafoto bersama kawan dan keluarga. Di lokasi ini juga tersedia persewaan alat dan perlengkapan berenang. Wana Wisata Banyu Nget juga dilengkapi gazebo-gazebo untuk beristirahat, camping ground, serta spotfoto-spotfoto di antara tanaman bambu dengan pemandangan aliran sungai Banyu Nget hingga air terjun Urang Kambu yang sayang dilewatkan.

 

Untuk bisa menikmati daya tarik wisata ini tidak perlu menguras kantong, karena cukup dengan membayar tiket masuk sebesar Rp. 5.000 saja per orang. Bagi anda yang berminat mencoba fasilitas sepeda udara, cukup membayar Rp. 15.000 per orang. Di bawah sepeda udara terdapat jembatan gantung yang diberi nama Jembatan Kangen. Juga tersedia warung-warung yang menjajakan minuman hangat semacam kopi dan teh juga dengan harga terjangkau.

Wana Wisata Banyu Nget sangat sesuai untuk melepas penat akan bising perkotaan, apalagi jika anda berkunjung pada bulan Maret-April, yang merupakan musim durian. Anda bisa menikmati keindahan dan keasrian alam Banyu Nget sambil menikmati lezatnya buah durian di sana. Langsung dari pohonnya dengan harga super murah. Mulai Rp. 15.000 hingga Rp. 40.000 per buah, bergantung jenis dan ukurannya.

Meski areanya luas, tidak perlu khawatir tersesat di area Banyu Nget, karena di setiap spot wahana sudah diberi papan nama dan petunjuk arah, plus pemandu wisata yang siap mengarahkan pengunjung.

Gallery

https://drive.google.com/drive/folders/1LsRrSEgze_vQxJSN0FLQlATNw9SaTvJD

Attraction Lainnya