Taman Cerdas Trunojoyo merupakan ruang terbuka hijau yang berada di tengah kota Malang, tepat di depan stasiun Kota Baru. Lokasinya sangat mudah diakses karena berdampingan dengan alun-alun Tugu dan Balai Kota Malang. Taman Cerdas Trunojoyo  atau dikenal juga sebagai Taman Bentoel Trunojoyo diresmikan pada tahun 2014 oleh Walikota Malang.

Berbagai fasilitas disediakan guna memanjakan pengunjung taman diantaranya Gazebo, fasilitas bermain Kesehatan dan taman belajar, toilet, ruang menyusui, hingga wifi gratis.

Area taman didominasi warna hijau rumput yang mulai tertata. Di bawah pohon Trembesi raksasa di samping gazebo, beberapa jenis bunga yang jauh lebih tertata cukup apik. Tampak di antaranya lampu taman dan kran otomatis penyiram tanaman. Jika Pengunjung amati lebih detail, terdapat tempat resapan air (Biopori) yang dibuat di banyak titik taman, sumur resapan dan juga tempat sampah. Ini adalah upaya ‘hijau’ yang dilakukan Pemkot Malang untuk ramah terhadap lingkungan.

Di sisi bangunan tersebut disediakan tempat bersantai yang unik. Pengunjung juga bisa mengakses Wi-Fi secara gratis di area tersebut. Ketika masuk, terdapat ruang perpustakaan yang menyediakan banyak koleksi buku menarik. Untuk membaca, cukup menyerahkan KTP/Identitas kepada petugas jaga. Selain itu, juga terdapat fasilitas ruang khusus untuk ibu menyusui. Termasuk 2 toilet di samping kanan dan kiri bangunan.

Taman refleksi berada di sebelah selatan gazebo, didesain cukup nyaman dan panjang. Di sampingnya adalah taman bermain anak-anak. Namun hanya untuk digunakan anak usia 5-12 tahun dan dengan pengawasan orang tua, Pengunjung. Di sebelahnya adalah taman air mancur berbentuk lingkaran yang dilengkapi ruang bilas tertutup, ketika siang hari ini adalah lokasi favorit balita.Lokasinya yang luas, area ini juga cukup teduh dan sejuk karena berada di bawah pohon-pohon besar serta dikelilingi banyak tanaman hias.

Di area bagian selatan taman merupakan area food court dengan banyak PKL yang menjajakan berbagai macam menu. Kedepan fasilitas taman akan ditambahkan dengan berbagai macam permainan seperti flying fox, tempat pemutaran film dan tari serta patung Singo Edan yang menjadi ikon Arema.

Gallery

https://drive.google.com/drive/folders/1q95CHMi9I6KIl9SDZVBDtmy3zNSPrqoI

Attraction Lainnya