Situs Kanigoro merupakan wisata yang berisi salah satu peninggalan sejarah yang terletak di Dusun Campur Janggrang, Desa Campurdarat, Kecamtan Campurdarat Kabupaten Tulungagung. Situs Kanigoro sendiri terdiri dari sejumlah benda-benda cagar budaya dengan masa klasik seperti makam kuno, arca ganesa, altar batu, pilar batu dan umpak. Tetapi dari benda-benda tersebut tidak berada dalam satu kesatuan melainkan bentuk asli dari benda peninggalan sejarah ini sudah tidak nampak lagi dan juga menyebar di berbagai titik. Bahkan, dari beberapa pilar ada pula pilar yang masih terpendam dan hanya tampak ujungnya saja. Keberadaan pilar disini cukup menarik perhatian pengunjung karena tidak banyak bangunan masa klasik di Pulau Jawa yang memiliki pilar dari batu.

            . Ketika akan masuk ke pelataran situs, pengunjung akan melihat sebuah batu yang berbentuk meja di sebelah utara dan juga ada sebuah rumah. Didalam rumah terdapat makam kuno yang membujur ke arah utara dan selatan, di sebelah barat adapula batu yang berbetuk meja, arca ganesa terletak di sebelah tenggara makam yang menghadap ke arah barat, di sebelah barat terletak empat batu kecil, disebelah utara makam terdapat batu yang berbentuk meja terdapat sebuah lingga dan sebelah utara makam terdapat sebuah batu yang masih terpendam. Dengan adanya lingga dan arca ganesa berkemungkinan bahwa Situs Kanigoro berlatar belakang agama Hindu. Situs ini mempunyai keunggulan yaitu sangat cocok untuk anak-anak untuk belajar mengetahui beberapa benda yang berupa peninggalan sejarah.

            Situs Kanigoro  terletak di kawasan yang strategis, di pusat keramaian kecamatan. Pengunjung hanya jalan menuju Balai Desa Campurdarat, kemudian ada petunjuk berupa papan penunjuk jalan ke arah barat balai desa pengunjung akan menemukan lokasi Situs Kanigoro. Pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau sepeda motor, kemudian berjalan kaki sebentar melalui gang, pengunjung akan menemukan dua papan putih yang bertuliskan “Situs Kanigoro” dan penjelasan Situs Kanigoro yang dinaungi oleh cagar budaya.

Gallery

https://drive.google.com/drive/folders/1C2wsJcDRHwP7Z1M_ftuiZ1ZGoavRyW0T

Attraction Lainnya

Foresta

Kota Pasuruan tidak ada habisnya jika membicarakan mengenai tempat wisata….

Read More