Ranu Kumbolo merupaka salah satu dari sekian banyak Ranu (Danau) yang tersebar di Kab. Malang – Lumajang – Probolinggo dan sekitarnya. Ranu kumbolo ini memiliki air yang tawar dan selalu menjadi tempat transit bagi para pendaki Gunung Semeru. Danau ini terletak di ketinggian 2.400 meter di atas permukaan laut. Danau Ranu Kumbolo juga merupakan sumber air bersih bagi para pendaki gunung semeru. Dengan debit air yang berlimpah, danau ini juga menjadi tempat berkumpulnya para pendaki untuk berkemah. Ranu Kumbolo berlokasi di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, tepatnya di antara kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Untuk menuju Ranu Kumbolo ini, wisatawan harus berjalan kurang lebih 4-5 jam dengan berjalan santai. Dimulai dari pos pendakian Gunung Semeru yang berada di desa Ranu Pani. Ranu Pani ini juga salah satu danau yang ada di kaki semeru. Setelah pengecekan surat kesehatan dan pembayaran tiket yang bekisar Rp.10.000 – Rp.20.000 kita bisa memulai pendakian ke Ranu Kumbolo. Ada baiknya kita persiapkan perbekalan, tenda dan pakaian penghangat yang cukup. Waktu mendaki yang cocok adalah pada waktu pagi hari, sehingga ketika sampai di Ranu Kumbolo sudah tengah hari, dibawah terik matahari kita sudah tidak berjalan lagi.

Medan cukup landau di awal pendakian, namun setelah melewai pos 1 ada beberapa tanjakan yang harus kita lewati, ada baiknya membawa buah – buahan , permen, atau coklat untuk mengilangkan rasa penat. Pemandangan sore hari di Ranu Kumbolo sangatlah bagus, disini kita mendirikan tenda dan bermalam di ketinggian 2000 MDPL ini. Kadang kadang suhu di Ranu Kumbolo ini bisa mencapai -3 derajat. Sehingga di pagi hari kita bisa melihat butiran – butiran es yang membasahi tenda kita. Sangat nikmat apabila kita menikmati malam dan pagi hari dengan secangkir kopi di Ranu Kumbolo ini.

Cara menuju Ranu Pani, wisatawan bisa dari Lumajang maupun malang, kemudian menuju desa ranu pani yang menjadi pos pendakian Gunung Semeru.

Gallery

https://drive.google.com/drive/folders/1QpKfBPESSNDIWy-1CFo1lYl9Nm0F1eGf

Attraction Lainnya


GROWGOLAND

Wisata Growgoland berada di Dusun Grogolan, Desa Ngunut, Kecamatan Dander…

Read More