Pura Mandara Giri Semeru Agung terletak di Desa Senduro, Kec. Senduro Kab. Lumajang.  Untuk menuju ke Pura ini membutuhkan waktu sekitar 30 menit dari pusat kota dengan kendaraan bermotor. Akses menuju Pura sudah cukup baik, bahkan mampu mengakomodir rombongan puluhan bus umat Hindu dari berbagai pelosok nusantara yang datang untuk melakukan peribadatan.

Pura Mandara Giri Semeru Agung merupakan salah satu Pura tertua di Indonesia. Pura ini selalu ramai di setiap akhir pekan maupun pada hari libur, terutama saat hari besar agama Hindu. Piodalan atau ulang tahun Pura yang diselenggarakan setiap tahun mampu menarik ribuan umat Hindu dari Bali dan berbagai daerah di Jawa Timur dan Indonesia, datang dengan puluhan rombongan Bus untuk berdoa menampilkan kreasi-kreasi seni budayanya.

Kawasan Pura terbagi menjadi beberapa tingkatan, yakni tingkatan paling atas, hanya untuk persembahyangan dan meditasi, pengunjung tidak diperbolehkan memasuki area ini. Tingkatan kedua atau madya, pelataran yang biasa untuk kegiatan keagamaan, seperti pernikahan, dan acara upacara keagamaan. Di sekitar Pura banyak terdapat hotel dan homestay, rumah makan, cafetaria dan juga toko oleh-oleh yang menjual berbagai souvenir kerajinan tangan dan jajanan khas Lumajang.

Bagi wisatawan yang ingin datang berkunjung tidak dikenakan, namun bagi yang ingin memberikan sedekahnya maka ada kotak amal yang disediakan untuk kontribusi perawatan Pura.

Gallery

Attraction Lainnya

Jati Park

Jati Park merupakan salah satu destinasi wisata yang berlokasi di…

Read More