Petilasan Damarwulan terletak di tengah sawah di Desa Sudimoro, Kecamatan Megaluh, Kabupaten Jombang. Situs petilasan adalah tempat singgah seorang tokoh yang dihormati, dalam hal ini Damarwulan, yang diyakini sebagai seorang ksatria dari kerajaan Majapahit. Ada juga yang berpendapat bahwa Damarwulan adalah nama kecil dari Prabu Brawijaya I, salah satu Raja Kerajaan Majapahit seperti yang tertera di papan nama petilasan. Sampai saat ini penelitian mengenai situs Damarwulan ini masih dilakukan oleh para pakar sejarah.

Jalan masuk menuju situs masih berupa semacam pematang sawah, namun akses ini sudah bisa dilalui kendaraan roda empat. Gerbang petilasan dibuat mirip dengan bentuk candi Wringin Lawang, dengan batu bata merah sebagai pondasi penyusun gerbang. Gerbang ini semacam bentuk gerbang selamat datang yang menjadi ciri khas bangunan era Majapahit.

Lokasi situs yang berada di tengah area sawah, serta selasar di dekat rerumputan yang ditumbuhi bunga liar, menjadikan situs Damarwulan juga sebagai spot foto yang instagramebel, selain sebagai wisata sejarah.

Gallery

https://drive.google.com/drive/folders/10AHe8PIpASY-QLCHif2VxHlqESa3dkBv

Attraction Lainnya