Pada era tahun 70 an sebagaian besar penduduk Batu adalah petani apel, baik yang memiliki kebun apel sendiri maupun bekerja di kebun apel milik orang lain. Pada masa sekarang ini,  dimana Kota Batu dikenal sebagai kota wisata di Jawa Timur, maka para petani apel tersebut telah bergeser usahanya dari memanen apel dan menjualnya kepada para penjual menjadi pengusaha agro wisata petik apel, baik secara mandiri maupun tergabung dalam Kelompok Tani Makmur Abadi (KTMA).  KTMA merupakan wisata agro petik apel yang cukup banyak dikunjungi wisatawan selain Kusuma Agro Wisata. Pengunjung dapat memetik buah apel dan memakan sepuasnya selama berada di kebun apel, namun apabila pengunjung ingin membawa pulang makan akan dikenakan biaya sebagaimana harga buah apel di pasar. 

Jenis apel yang dapat dipetik antara lain : apel anna, apel manalagi dan apel roombeauty. Untuk dapat beriwisata disini pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk yang bisa dibeli di kantor KTMA di Jl. Diponegoro No 24, Batu Telp. (0341) 511158. Setelah membeli tiket, pengunjung (menggunakan kendaraan pribadi) akan dipandu oleh pemandu lokal (mengendarai sepeda motor) untuk menuju kebun yang buah apelnya siap untuk dikonsumsi.

Buah apel yang dipetik siap dikonsumsi tanpa perlu dicuci, karena kebun apel yang menjadi anggota KTMA merupakan petani yang tidak menggunakan pestisida dalam mengolah kebunnya.  Jam Buka Pk.07.00 – 17.00 WIB.

Gallery

https://drive.google.com/drive/folders/1QXXt5NpRa8M-QvHe_YI1HMhX3uXr7wJQ

Attraction Lainnya