Berada di pesisir utara Jawa Timur dan dikelilingi pengunungan kars, membuat Kabupaten Tuban memiliki banyak potensi alam yang mempesona. Salah satunya adalah Wana Wisata Sumber Nganget atau dikenal maksyarakat sekitar sebagai Pemandian Nganget.

Pemandian Nganget berada di dalam kawasan Resort Pemangku Hutan (RPH) Kejuron, BKPH Bangilan, KPH Jatirogo. Secara administrasi, Wana Wisata Sumber Nganget berada di wilayah Desa Sidorejo, Kecamatan Kanduruhan, yang merupakan Kecamatan paling barat di wilayah Tuban. Bagi wisatawan yang hendak berkunjung, dibutuhkan waktu tempuh sekitar satu jam lebih dengan jarak sekitar 50 kilometer dari pusat kota.

Dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 8.000 per orang, ditambah biaya parkir kendaraan, anda sudah dapat menikmati berendam di kolam air hangat. Di dalam area pemandian, terdapat tiga bangunan kolam pemandian dan kawasan perkemahan. Menariknya, ketiga kolam memiliki suhu air panas yang berbeda. Kolam utama berdiameter 10 meter, diperkirakan tempat sumber utama air panas. Tampak sumber air panas muncul dari dalam kolam dan membuat gelembung udara pada permukaan air. Air panas bercampur bau seperti belerang di dalam kolam utama terasa begitu menyengat, sehingga para pengunjung hanya disarankan untuk berendam saja.

Berdekatan dengan kolam utama, terdapat kolam kedua yang berbentuk persegi panjang dengan ukuran 12 x 6 meter. Di kolam ini juga terdapat sumber air hangat dan airnya tak sepanas di kolam utama. Pengunjung banyak yang memanfaatkan kolam kedua untuk mandi atau berendam. Berjarak sekitar 50 meter dari kolam utama dan kolam kedua, terdapat bangunan kolam ketiga atau yang sering disebut dengan Kolam Lanang. Kolam Lanang memiliki sumber air dengan suhu air panas yang rendah. Di kolam ini para pengunjung juga bisa memanfaatkan untuk mandi dan berendam. Bahkan, beberapa pengunjung yang datang mempercayai air di kolam ini dapat dipakai untuk sarana pengobatan yang mujarab.

Gallery

https://drive.google.com/drive/folders/173Dfa3AD6PoyLl8If0w9nA96thkKR56c

Attraction Lainnya