Berbatasan langsung dengan Samudera Hindia di sisi selatannya membuat Kabupaten Jember, Jawa Timur memiliki wisata pantai. Destinasi ini menjadi alternatif kunjungan favorit wisatawan ketika hari libur atau akhir pekan. Pantai di Jember pun memiliki keindahan panorama dan keunikannya masing-masing. Salah satunya adalah Tanjung Papuma yang berbeda dari pantai lainnya.

Tanjung Papuma terletak di Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember. Jarak tempuh dari Kota Jember adalah sekitar 40 kilometer dengan waktu tempuh kurang-lebih 1 jam 15 menit. Rute menuju Tanjung Papuma sama dengan arah ke Pantai Payangan dan Watu Ulo. Namun usai berbelok selatan di Jalan Otto Iskandar Dinata sekitar 27 kilometer, perjalanan dilanjutkan dengan berbelok kanan atau barat.

Pos retribusi Tanjung Papuma berada di kaki bukit yang harus dilalui untuk mencapai tujuan. tarif masuknya Rp 20.000 untuk wisatawan domestik pada hari libur, Sabtu, dan Minggu. Jika hari biasa atau hari kerja, tarif wisatawan domestik adalah Rp 15.000. Sementara untuk wisatawan mancanegara, tarifnya Rp 30.000. Tarif kendaraan roda enam adalah Rp 10.000, roda empat Rp 5.000 dan roda dua Rp 2.000.

Gallery

https://drive.google.com/drive/folders/1oWzUtgjzgipBBEQXGgiejCoFDIj518Df

Attraction Lainnya