Kawasan Malang selatan memang terkenal akan keindahan pantai-pantainya, diantaranya adalah Pantai Sumenggung, Bangsong, dan Teluk Asamara (BTA). Ketiga Pantai ini terletak di Kecamatan Sumbermanjing Wetan Kabupaten Malang. Untuk berwisata disini, pengunjung harus menempuh perjalanan kurang lebih 2 (dua) jam dari pusat Kota Malang dengan kendaraan bermotor.

Meskipun terletak dalam satu kawasan, masing-masing pantai memiliki keunikan sendiri. Pantai Sumenggung sebernarnya adalah sebuah pantai kecil berpasir putih yang hanya bisa dikunjungi saat laut surut dan ombak tenang. Jika air laut sedang pasang maka pantai tertutup air laut dan ombak ganas. Pantai Sumenggung lebih dikenal sebagai tempat memancing. Disini terdapat sebuah tebing yang sering digunakan sebagai spot rockfishing.

Pantai Bangsong berada di teluk sehingga memiliki ombak yang cukup tenang. Pantai ini masih tergolong baru sehingga belum banyak pengunjung. Disini terdapat beberapa spot foto yang menarik, diantaranya adalah berfoto di  padang ilalang yang mengelilingi pantai. Jika menginginkan hasil foto yang maksimal, sebaiknya datang ke Pantai Bangsong selama musim hujan, karena ketika musim kemarau, padang ilalangnya tak begitu luas dan sebagian mengering.

Pantai Teluk Asmara adalah salah satu wisata baru yang berada di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing. Aksesnya masih mudah dijangkau namun sudah bisa dilewati kendaraan. Keunikan pantai ini adalah pulau-pulau kecil di sekelilingnya yang membuat pantai ini dijuluki sebagai “Raja Ampat Jawa Timur”. Lokasi Pantai Teluk Asmara juga cukup dekat dengan Pantai Clungup dan Pantai Goa Cina, sehingga pengunjung bisa menggunakan rute kedua pantai tersebut untuk sampai ke pantai ini.

Gallery

Attraction Lainnya