Pantai Cengkrong terletak di Desa Karanggandu, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek, sekitar 43 km selatan pusat kota Trenggalek dan bisa dicapai dengan 75 menit berkendara. Pantai Cengkrong berada di sebelah barat Pantai Prigi dan disebelah timur Gunung Kumbokarno serta Pantai Damas. Letak pantai ini cukup strategis untuk dikunjungi karena berada di tepi Jalan Lintas Selatan (JLS) Pulau Jawa yang melewati Kabupaten Trenggalek.

 

Pantai Cengkrong yang landai berpasir putih dan cocok untuk tempat bermain menyajikan keindahan alam yang menakjubkan. Anda dapat menikmati angin sepoi-sepoi sambil duduk-duduk lesehan di bawah pohon menikmati indahnya pantai. Pantai Cengkrong menyajikan pemandangan sunrise yang berbeda, dengan matahari terbit dari balik perbukitan karang dan siluet perbukitan karang menjadi latar belakang dengan bias cahaya terpantul indah di permukaan air laut.

 

Tidak hanya keindahan saja yang disajikan Pantai Cengkrong ini, terdapat beberapa fasilitas yang dapat membuat liburan anda semakin menyenangkan, diantaranya perwewaan motor ATV yang dapat digunakan untuk berkeliling pantai, area camping ground yang biasanya digunakan untuk berkemah dipinggir pantai. Untuk menikmati semua yang disajikan di pantai Cengkrong anda cukup membayar tiket masuk Rp. 8.000 per orang.

 

Meski merupakan pantai selatan Pulau Jawa, Pantai Cengkrong ombaknya relatif kecil karena terhalang oleh perbukitan karang yang dapat menahan derasnya ombak laut selatan. Di bagian barat pantai, anda akan menjumpai sebuah bukit karang yang menjulang, dan dibawahnya terdapat aliran air sungai payau dari hutan mangrove. Banyak nelayan yang memanfaatkannya sebagai dermaga tempat mengistirahatkan kapal-kapal mereka.

 

Selain cocok untuk wisata, kawasan mangrove ini juga pas untuk wisata edukasi. Deretan pohon bakau yang tumbuh di sini tidak hanya berasal dari satu spesies, melainkan ada beberapa jenis yang sengaja dibudidayakan. Keunikan lainnya adalah keberadaan jembatan kayu yang diberi nama Jembatan Galau dan dibangun di atas kawasan mangrove agar pengunjung bisa leluasa berkeliling melihat-lihat kawasan sekitar mangrove.

 

Mangrove di kawasan ini tumbuh di atas tanah lumpur yang terbawa aliran Sungai Kalisongo yang bermuara di Pantai Cengkrong. Kawasan Mangrove ini juga dikelilingi pegunungan. Saat cuaca cerah, anda akan disuguhi pemandangan yang luar biasa indah. Tersedia pula tempat duduk beratap yang bisa anda gunakan untuk beristirahat saat lelah berjalan-jalan. Di kawasan mangrove juga tersedia persewaan payung, serta penjual topi dan kacamata. Selain itu, ada banyak warung yang menjual camilan dan beragam makanan. Fasilitas toilet dan mushola juga sudah tersedia.

 

 

Pilihan aktifitas lain yang bisa anda pilih adalah berkeliling kawasan mangrove dengan menaiki perahu dengan tiket perorang hanya Rp 10.000. Selain itu, di kawasan Mangrove Cengkrong terdapat banyak burung dara dan perkutut, anda bisa coba memberi makan langsung dan berfoto bersama ungas-ungas tersebut. Jagung pakan burung bisa dibeli di warung sekitar dengan harga Rp2.000 per bungkus.

Gallery

https://drive.google.com/drive/folders/1L45UXNRf1MpYIDebJLi3xPg626FYm-AY

Attraction Lainnya