Museum Mpu Purwa

Berwisata ke Museum adalah salah satu pilihan perjalanan yang sangat menyenangkan. Karena pada dasarnya berwisata di Museum selain mencari pengalaman, kita juga belajar tentang berbagai hal yang ditampilkan dalam museum tersebut. Nah salah satunya museum Mpu Purwa. Yang merupakan tempat wisata edukasi bersejarah yang berlokasi di Jalan Soekarno Hatta no. 210, Kecamatan Lowokwaru, Malang. Lokasi museum ini masih berada di lingkungan perumahan, tepatnya di sebelah barat Rumah Sakit Brawijaya.

Museum Mpu Purwa memiliki luas 1.200 meter persegi itu terpajang 58 koleksi dalam tata pamer yang menarik. Sebagian besar berupa arca dan prasasti dari masa Mpu Sindok hingga Majapahit. Adapun di setiap koleksi disediakan scan QR code sehingga memudahkan pengunjung untuk menggali dan mengakses informasi mengenai koleksi yang dipamerkan.

Di lantai 1 terpajang arca-arca, salah satunya arca Brahma catur muka. Arca ini berbeda dengan arca-arca Brahma lain. Arca Brahma Catur Muka ini termasuk koleksi masterpiece yang ditemukan di sekitar Candi Singosari. Ada juga arca Ganesha yang paling unik, yaitu arca Ganesha tikus. Arca berukuran kecil ini menggambarkan Ganesha sedang duduk di atas Musaka (seekor tikus kecil). Lalu ada juga arca Bodhisatwa yang hanya ditemukan di India. Di lantai ini pula terdapat ruang audio visual. Tempat pengunjung dapat menikmati kisah masa lalu secara singkat. Di lantai 2 juga terpajang koleksi yang lebih fokus pada kisah Ken Arok.

Museum ini buka setiap hari dari pukul 07.30 sampai dengan pukul 16.00

Gallery

Attraction Lainnya