Museum Kambang Putih berlokasi di Jl. R.A. Kartini No. 3 Tuban, berdekatan dengan makam Sunan Bonang, alun-alun dan Pantai Boom. Meski hanya memiliki 1 lantai dengan luas sekitar 150 m2 saja, namun koleksi Museum Kambang Putih tergolong banyak mencapai 600 buah.

Banyaj koleksi benda-benda bersejarah seperti ruang Koes Plus Bersaudara yang berisi koleksi kaset-kaset dan foto-foto Koesplus sangat lengkap. Koes Plus adalah band legendaris Indonesia yang berasal dari Tuban.

Jenis koleksi Museum Kambang Putih mayoritas adalah peralatan laut yang didapat dari penyelaman di Pantai Boom. Di masa lalu Pantai Boom pernah menjadi pelabuhan terbesar berskala internasional, sehingga menyimpan banyak benda-benda yang berkaitan dengan perlengkapan kelautan dari berbagai negara.

Disini juga terdapat fosil badak purba yang berumur lebih dari 300.000 tahun. Fosil ini ditemukan di Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban. Saat pertama kali ditemukan, fosil badak purba ini sudah membatu dan mengalami silifikasi.

Berbagai koleksi arca-arca kuno juga terdapat disini seperti arca Nandi. Namun, beberapa arca sudah tidak utuh.  Koleksi yang paling menarik di Museum kambang Putih adalah artefak Lingga dan Yoni. Dalam mitologi Hindu, Lingga merupakan perwujudan laki-laki. Ini dapat dilihat dari bentuk artefak lingga yang mirip dengan alat vital laki-laki. Sebaliknya, Yoni merupakan perwujudan perempuan. Hal ini dapat kita lihat dari bentuk yoni yang mirip dengan alat vital perempuan. Dalam agama Hindu, Lingga juga digambarkan sebagai simbol Dewa Siwa.

Museum Kambang Putih juga memiliki koleksi uang-uang kuno baik yang berbahan kertas maupun koin dari abad XIX-XX. Disini anda juga masih menjumpai Ongkek yang merupakan bagian dari kebudayaan asli masyarakat Tuban. Ongkek merupakan alat untuk mewadahi Legen yang merupakan minuman tradisional khas Tuban.

Museum Kambang Putih buka setiap hari dengan jadwal : Senin-Kamis dan Minggu pukul 07.00 – 14.00 WIB, Jumat mulai pukul 07.00 – 11.00 WIB dan Sabtu pada pukul 07.00 – 12.00 WIB.

Gallery

https://drive.google.com/drive/folders/1D8RFy2uGKEmcxqeGkdniKrLC25TpK1Vg

Attraction Lainnya