Dr. Soetomo adalah tokoh pendiri Boedi Utomo, yaitu organisasi pergerakan kemerdekaan pertama di Indonesia. Pada tahun 1903, Dr. Soetomo menempuh pendidikan kedokteran di School tot Opleiding van Inlandsche Artsen (STOVIA) dan bersama teman-teman dari STOVIA inilah, beliau mendirikan organisasi Boedi Oetomo pada tahun 1908.

Jejak perjuangan Dr Soetomo dapat dilihat di Museum Dr Soetomo dalam bentuk foto maupun benda benda milik beliau. Museum ini berada di komplek Gedung Nasional Indonesia (GNI), Jl. Bubutan No.85-87, Surabaya.  Museum yang dulunya merupakan rumah DR. Soetomo ini diresmikan oleh Walikota Surabaya pada tanggal 29 November 2017.

Gedung dua lantai ini menyimpan barang-barang pribadi peninggalan Dr Soetomo, antara lain beberapa koleksi beliau semasa menjadi dokter di Rumah Sakit CBZ (Central Burgelijke Ziekeninrichting),  yang kemudian  berubah nama menjadi Rumah Sakit Simpang dan saat ini menjadi Plaza Surabaya, serta berbagai foto mengenai perjuangan Dr.Soetomo semasa hidup, termasuk pernikahannya dengan Everdina J. Broering, seorang perawat yang berkebangsaan Belanda.

Komplek GNI ini juga memiliki sebuah pendopo yang dulunya merupakan tempat pertemuan organisasi pergerakan pada masa kemerdekaan dan di komplek ini pula terdapat makam Dr. Seotomo.

Berada di museum ini dan melihat benda-benda peninggalan dari Dr Soetomo membuat kita membayangkan bagaimana suasana praktek kesehatan di masa lalu,  sekaligus membayangkan semangat para pendiri bangsa untuk memperjuangkan kemerdekaan. Beberapa kata motivasi dan pembakar semangat dari Dr. Soetomo juga dapat kita temukan di Museum ini.

Museum Dr Soetomo buka setiap hari mulai pukul 08.00-16.00 dan pukul 07.00-15.00 pada Hari Sabtu dan Minggu, sedangkan hari Senin tutup. Pengunjung tidak dikenakan biaya ketika mengunjungi museum ini.

Gallery

MUSEUM DR. SOETOMO _ GNI – Google Drive

Attraction Lainnya