Monumen Kapal Selam, atau disingkat Monkasel, adalah sebuah museum kapal selam yang terletak di Jl. Pemuda Surabaya. Lokasinya di sebelah Sungai Kalimas dan Surabaya Plaza, kurang lebih 200 meter dari Stasiun Gubeng Lama. Monumen ini sebenarnya merupakan kapal selam KRI Pasopati 410, salah satu armada Angkatan Laut Republik Indonesia buatan Uni Soviet tahun 1952. Kapal selam ini pernah dilibatkan dalam Pertempuran Laut Aru untuk membebaskan Irian Barat dari pendudukan Belanda.

Kapal selam ini kemudian dibawa ke darat dan dijadikan monumen untuk memperingati keberanian pahlawan Indonesia. Pengunjung dapat melihat berkeliling dan masuk untuk melihat bagian dalam  kapal selam. Apabila diperlukan juga tersedia pemandu lokal yang berada di dekat pintu masuk kapal. Selain melihat bagian dalam kapal, pengunjung juga bisa melihat video tentang sejarah Kapal Selam Pasopati dan Angkatan Laut Indonesia (video rana). Lokasi pemutaran video berada di luar kapal selam, tepatnya di gedung yang letaknya di bagian belakang Monkasel.

Monkasel setiap hari buka mulai Pk.8.30 sampai Pk.21.00 WIB. Tiket masuk sebesar Rp.15.000 per orang, sudah termasuk menyaksikan video rana. Fasilitas yang terdapat di Monkasel antara lain : tempat parkir yang memadai, kolam renang untuk anak anak (berbayar), Stand penjual makanan kecil dan minuman kemasan, moshola, panggung pementasan untuk anak – anak dan toilet. 

Gallery

https://drive.google.com/drive/folders/1hyZxPsOfArLzRel0pPJ3zWxasBhuQvPQ

Attraction Lainnya