Makam Tumenggung Kopek Pakuncen merupakan sebuah wisata religi yang berlokasi di desa Pakuncen Kecamatan Patianrowo,Kabupaten Nganjuk Jawa Timur. Akses jalan untuk menuju ke wisata religi ini sangat mudah sekali, ketika pengunjung datang dari arah Kertosono dapat jalan lurus mengikuti alur jalan sampai melewati pabrik gula lestari hingga terlihat gapura desa Pakuncen di terletak di tengah simpang pertigaan, kemudian masuk ke kawasan Masjid Baiturrahman yang letaknya disebelah kiri jalan dan melewati gapura yang ada sebuah patung berbentuk macan kopek, makam Tumenggung Kopek Pakuncen berada tepat dibelakang Masjid Baiturrahman. Makam Tumenggung Kopek mempunyai fasilitas-fasilitas wisata seperti toilet, penginapan terdekat dan wisata religi ini dekat dengan masjid Baiturrahman untuk ibadah. Makam Tummenggung Kopek ramai di datangi oleh pengunjung untuk melakukan sungkeman atau sambung doa terhadap leluhur.

Desa Pakuncen merupakan desa istimewa dikarenakan desa ini merupakan daerah bebas pajak dari pemerintah. Orang yang pertama kali membuka lahan ialah murid dari Sunan Giri yang bernama Nurjalipah bersama dengan saudaranya yang membangun sebuah pemukiman seluas 10 hektar dan mendirikan masjid sebagai pusat kegiatan dan penyebaran agama Islam. Penyebaran agama Islam mengalami perkembangan dan membangun sebuah Kadipaten dekat hilir sungai Brantas yang dipimpin oleh Tumenggung R.M Purwodiningrat . Kemudian istri dari R.M Purwodiningrat meninggal dunia dan dimakam kan di belakang masjid Kauman Yang sekarang menjadi Masjid Baiturrahman, sosok inilah yang dikenal sebagai Tummenggung Kopek.

            Dibelakang Masjid Baiturrahman, sebelah utara terdapat bangunan bercungkup yang tertutup rapat yang didalamnya ada 22 makam diantaranya 4 makam tertutup kelambu putih terdapat makam RA.Tummenggung Purwodiningrat, istri Tumenggung Pesono I, RA.Tummenggung Sosrodiningrat, istri Tumenggung Pesono II, R. Soerjati (Kusumaningrat), dan RA.Kusiyah (Kartodiningrat). Kemudian diluar cungkup  terdapat makam para bangsawan tinggi yang lain diantaranya RT Kosoemadiningrat, R.Mangnredjo, dan disebelah barat terdapat cungkup utama yang berisi makm Ki Nur Jalipah.

Gallery

https://drive.google.com/drive/folders/1X4KwAxhQMbPS3NnCzLHe2LaSHQVYjLug

Attraction Lainnya


PT. INKA

PT Industri Kereta Api atau PT INKA (Persero) merupakan Badan…

Read More