Makam Syekh Syuluqi merupakan wisata religi atau wisata rohani yang terletak di Desa Wilangan Kecamatan Wilangan Kabupaten Nganjuk, lebih tepatnya letak makam Syech Syuluqi tidak jauh dari Kantor Polsek Wilangan yang ditepi jalan raya akan ada sebuah gapura yang disebelahnya terpampang nama  waliyullah Syekh Syuluqi. Syekh Syuluqi merupakan murid dari Sunan Ampel yang mengembangkan agama islam di wilayah barat Jawa Timur. Letak wisata religi ini sangat strategis dan mudah dijangkau karena berada pada jalur utama jalur Surabaya-Madiun-Solo. Syeckh Syuluqi  berasal dari Kerajaan Demak  yang di utus untuk menyebarkan agama islam di daerah barat Jawa Timur. Makam Syekh Syuluqi berada di tepi sungai yang pada zaman dahulu digunakan untuk menghanyutkan bambu yang berisi padi ke Kerajaan Demak.

            Makam Syekh Syuluqi memiliki daya tarik dan keunikan tersendiri, yaitu makam Syekh Syuluqi  terletak di pinggir sungai dan dibawah akar pohon besar hanya ada makam Syekh Syuluqi tidak ada makam lainya, berbeda dengan makam waliyullah lainya terdapat banyak makam disamping makamnya dan untuk ukuran makam nya sama dengan waliyullah lainya hanya berbeda pada batu nisanya yang ditutupi oleh kain kafan. Ketika memasuki makam Syekh Syuluqi akan merasakan aura seperti hawa mistik maupun mempunyai karasteristik hawa tersendiri yang berbeda dalam memasuki makam-makam lainya. Untuk menuju makam Syekh Syuluqi  para peziarah bisa menggunakan akses kendaraan mobil pribadi, bus maupun sepeda motor.

            Makam Syekh Syuluqi buka hingga 24 Jam setiap harinya, juga menyediakan fasilitas seperrti buku-buku tahlil dan Al-Qur’an untuk memudahkan para peziarah dalam mengirimkan doa. Disekitar lokasi makam juga terdapat fasilitas seperti toilet, mushola, tempat parkir yang luas, tempat oleh-oleh dan aksesoris,tempat peristirahatan jarak jauh, rumah makan atau kios dan tidak ada kontribusi atau tiket masuk untuk berziarah ke makam Syekh Syuluqi. Makam Syekh Syuluqi juga menyediakan kotak amal bagi peziarah-peziarah yang ingin beramal.

Gallery

https://drive.google.com/drive/folders/11b-TO03RBIlMThlY80dignYCHJOU2HiH

Attraction Lainnya