Makam Bupati Srigading merupakan salah satu cagar budaya yang sangatlah bersejarah khususnya dalam sejarah kabupaten Tulungagung. Banyak cerita-cerita yang menarik, sayangnya sedikit yang masih belum mengetahui tentang apa yang sebenarnya ada dimakam ini. Minim sekali orang yang tahu tentang keberadaan tempat ini sekalipun warga Tulungagung sendiri. Mengenai nama Srigading memang belum begitu familiar di kebanyakan orang, banyak sekali orang yang belum tahu jika terdapat makam tiga Bupati Tulungagung yang kala itu namanya masih Kadipaten Ngrowo yang berpusat di daerah Kalambret. Tiga makam tersebut diantaranya Bupati Ngrowo pertama yaitu Kyai Ngabehi Mangoendirono, Bupati Ngrowo kedua yaitu Tondowidjojo, dan Bupati Ngrowo ketiga yaitu R.M Mangoennegoro.

Makam Bupati Srigading tidaklah lepas dari sejarah-sejarah masa lalu terbentuknya kabupaten Tulungagung. Kyai Ngabei Mangoendirono adalah Bupati Ngrowo pertama yang sebelumnya wilayah Tulungagung semula adalah ke Tumenggungan Wajak dirubah menjadi kabupaten Ngrowo. Beliau menjabat sebagai Bupati kira-kira sampai pemerintahan Amangkurat IV (1717-1727). Kepemimpinan selanjutnya di Kabupaten Ngrowo sebagai pengganti Kyai Ngabei Mangoendirono adalah Tondowidjojo yang merupakan keturunan Surontani, Bupati inilah yang membangun kota kabupaten di Kalangbret sehingga benar-benar merupakan kabupaten. Di era kedua Bupati Ngrowo inilah yang merupakan awal dari Tulungagung jaman babakan Internasional sampai akhir VOC.

Menjaga kelestarian cagar budaya adalah kewajiban seluruh warga khususnya Tulungagung. Jika dikembangkan bukan tidak mungkin cagar budaya ini akan menjadi suatu ciri dari kota Tulungagung dan menggambarkan cerita masalalu diperadaban jaman dulu khususnya dari kabupen Tulungagung sehingga nantinya bisa bermanfaat sampai generasi-generasi berikutnya. Selain itu peran pemerintah juga haruslah ada untuk senantiasa mendukung terealisasinya cagar budaya yang mampu dan benar-benar merupakan identitas awal kota Tulungagung. Penelitian-penelitian arkeologi juga sangat perlu dilakukan untuk mengetahui cerita-cerita yang sebenarnya yang terjadi mengingat masih sulitnya mendapat kebenaran cerita yang ada di Makam Srigading Tulungagung.

Gallery

https://drive.google.com/drive/folders/1l7572DpidQUvz6IeyL3Z2OTxZV7qxmb2

Attraction Lainnya


Pantai Prigi

Pantai Prigi terletak di Desa Tasikmadu, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek,…

Read More


G Walk

G Walk dikonsep sebagai spot wisata kuliner dan pasar malam…

Read More


Ori Green

Ori Green merupakan destinasi wisata yang dikelola oleh Koperasi Petani…

Read More


Goa Tritis

Goa Tritis merupakan peninggalan sejarah di lereng Gunung Budeg Tulungagung,…

Read More