Makam KH Abdul Khamid merupakan tempat wisata religi yang populer di Pasuruan. Tempat ini berlokasi di Jl. Kh. Wachid Hasyim No.104, Kebonsari, Panggungrejo, Kota Pasuruan, Jawa Timur, terletak dibelakang masjid An-Nur atau tepatnya di seberang jalan alun-alun Kota Pasuruan. Setiap hari banyak para wisatawan maupun pengunjung yang berkunjung setelah melaksanakan ibadah sholat di Masjid Jami’ Al-Anwar.  Makam KH. Abdul Hamid memiliki nisan berwarna kuning emas dan area makam tersebut dikelilingi oleh pagar besi kecil.

Meskipun bukan termasuk Walisongo, tetapi pesona dan kharisma dari almarhum KH. Abdul Hamid membuat banyak peziarah datang. Namanya yang tersoroh sebagai ulama besar membuat masyarakat muslim kerap berziarah ke makam KH Abdul Hamid dan ulama lain yang dimakamkan di lokasi yang sama. KH Abdul Hamid merupakan ulama di Pasuruan yang dikenal akan ilmunya dan sifatnya yang lembut serta rendah hati. Beliau juga merupakan seorang yang banyak diidolakan para santri.

Pengunjung juga dapat membeli buah tangan seperti  tasbih, hiasan dinding, gelang khas arab, hingga foto dan buku biografi KH Abdul Hamid yang banyak dijual di sekitar makam.

Gallery

https://drive.google.com/drive/folders/1lh-X4nESrE0TxxvmxtP1lG53rSGFc2Fi

Attraction Lainnya