Gunung Kawi dikenal sebagai destinasi wisata religi yang banyak dikunjungi di Kabupaten Malang. Salah satu daya tarik wisata yang sangat instagramable adalah Keraton Gunung Kawi.

Meskipun dikenal dengan area yang berbau mistis,area wisata Keraton Gunung Kawi merupakan penggambaran tingginya toleransi beragama karena di dalam kompleksnya, terdapat tempat ibadah untuk beberapa agama dan kepercayaan yaitu masjid, gereja, Pura Giri Kawijayan dan Vihara Dewi Kwan Im. Semuanya terletak di satu kompleks yang sama. 

Pengunjung akan menemukan gereja dengan bangunan kayu yang asri  sebelum memasuki venue. Di area parkir anda dapat menjumpai masjid yang lokasinya berdekatan dengan pura, vihara serta tempat untuk penghayat kepercayaan.  

Apabila anda ingin mendapatkan ramalan nasib ala Tionghoa dengan ciamsi, dapat berdoa disini dengan menggoyangkan bumbung bambu hingga ada bilah bambu yang keluar. Konon bilah bambu tersebut akan menggambarkan nasib dan peruntungan anda.

Disini juga terdapat petilasan Mpu Sendok Prabu Kaswara 1 yang pernah bertapa di sini. Kemudian dipercaya bahwa sang Mpu muksa sehingga kini hanya tinggal petilasannya saja. 

Lokasi Keraton Gunung Kawi berada di Kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang. Untuk menuju kesini akses yang tersedia cukup banyak dan mudah seperti dari Kecamatan Wagir atau juga langsung Ngajum via Jalibar, Kepanjen. Apabila anda ingin melakukan perjalanan dengan melewati pesarean Gunung Kawi, anda bisa mengambil ruter dari arah Kecamatan Wonosari. Jangan khawatir dengan akses, karena sebagian besar jalan sudah teraspal dengan baik. Hanya ada beberapa bagian saja yang kurang mulus, selebihnya lancar.

Harga tiket masuknya juga cukup murah, hanya Rp. 10.000,-/ orang dan Rp. 2.000,- untuk parkir kendaraan roda 2.  

Gallery

Attraction Lainnya


GUNUNG WATU

Gunung Watu berada di Dusun Krondonan, Desa Krondonan, Kecamatan Gondang….

Read More