Kawasan Wisata Masjid Muhammad Cheng Hoo merupakan kawasan wisata religi yang berada di Kabupaten Pasuruan tepatnya di Desa Pentung Sari Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan. Lokasi Masjid Cheng Hoo terletak di pinggir jalan raya utama Malang-Surabaya (Jl Raya Kasri No 18 Pandaan). Letaknya sangat strategis dengan keunikan arsitektur yang tidak seperti masjid pada umumnya, Masjid Muhammad Cheng Hoo memiliki khas ornamen yang sangat unik, arsitekturnya merupakan perpaduan dari budaya jawa, arab (timur tengah) dan china. Dengan adanya karasteristik unsur arsitektur china  di atap joglo dengan ornamen-ornamen yang terlihat di tepian atap dan adanya  karasteristik bernuansa arab  pada ornamen-ornamen kaligrafi Masjid Cheng Hoo merupakan destinasti wisata favorit yang sangat menarik yang dapat memikat pengunjung.

Kawasan Wisata Masjid Muhammad Cheng Hoo merupakan sebuah ikon dari Kabupaten Pasuruan. Tidak hanya itu, keramahan penduduk lokal kepada pengunjung menambah kenyamanan ketika mengunjungi wisata religi ini. Masjid Muhammad Cheng Hoo merupakan salah satu dari 3 masjid terbesar yang berada di Surabaya dan Palembang. Masjid Muhammad Cheng Hoo memiliki waran yang dominan dengan warna merah disertai warna kuning dan hijau sudah mencadi karasteristik wisata religi ini. Fasilitas-Fasilitas dan pelayanan yang disediakan oleh Kawasan Wisata Masjid Muhammad Cheng Hoo juga sangat lengkap diantaranya ialah  area parkir kendaraan yang luas, mushala, MCK/ kamar mandi, rumah makan, pusat oleh – oleh, souvenir, aula, tempat wudhu, mukena dan ada juga aksebilitas meliputi pintu masuk khusus untuk pengguna kursi roda dan masih banyak lagi.

 Untuk transportasi, pengunjung tidak perlu bimbang maupun bingung untuk mendatangi lokasi, pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau sepeda motor serta bisa juga memakai kendaraan umum seperti bus atau angkutan besar lainya tetapi pengunjung harus berhenti di terminal kota atau desa tujuan setelah itu dapat melanjutkan perjalanan menuju lokasi wisata. Harga tiket masuk Kawasan Wisata Masjid Muhammad Cheng Hoo Rp.0.00 atau gratis disaat weekday maupun weekend. Jam operasional Kawasan Wisata Masjid Muhammad Cheng Hoo selama 24 jam sesuai dengan zona waktu Asia/Jakarta. Tempatnya yang bersih dan sejuk telah menjadi tempat kunjungan dan tempat ibadah favorit pengunjung ketika berada di Kota Pasuruan.

Gallery

https://drive.google.com/drive/folders/1nt_Igf-F2RCWK6slgPPyZQ9mS4x-5eQ4

Attraction Lainnya