Kayangan Api adalah “Sumber Api Abadi” yang terletak di Desa Sendangharjo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur. Kayangan Api merupakan fenomena geologi berupa gas alam yang keluar dari dalam tanah melalui zona lemah (rekahan). Gas alam ini tersulut api sehingga menciptakan api yang tak pernah padam walau di terpa hujan.

Konon, Kayangan Api adalah tempat pertapaan seorang Empu dari zaman Majapahit bernama Empu Supa. Sang Empu dikisahkan melakukan pertapaan dan membuat pusaka di lokasi Kayangan Api.

Kayangan Api kini menjadi salah satu daya tarik unggulan Kabupaten Bojonegoro. Selain karena keunikannya, Kayangan Api yang berada di tengah kawasan hutan menjadikannya tempat yang pas untuk berwisata menikmati udara sejuk jauh dari kebisingan kota. Berbagai upacara penting masih dilakukan di tempat ini, seperti prosesi pengambilan api semangat saat perayaan Hari Jadi Bojonegoro. Kayangan Api juga pernah digunakan sebagai tempat pengambilan api Pekan Olah Raga Nasional (PON) Jawa Timur ke-XV pada tahun 2000 silam. Pada setiap bulan purnama pengunjung dapat menikmati pertunjukkan seni budaya disini.

Untuk menuju ke lokasi Kayangan Api, pengunjung dapat menempuh perjalanan sekitar sekitar 45 menit atau 20 km dari pusat kota Bojonegoro menggunakan kendaraan bermotor. Fasilitas yang tersedia cukup memadai seperti toilet, gazebo dan warung penjual makanan. Daya tarik wisata ini juga dapat dinikmati keindahannya pada malam hari karena buka 24 jam. Namun disarankan pengunjung untuk membawa pakaian hangat apabila berkunjung pada malam hari karena udara di sekitar cukup dingin.

Gallery

https://drive.google.com/drive/folders/1R1W7uqIawYSbce1HQwIW6QoerPOGNNcP

Attraction Lainnya