Potensi wisata di Kabupaten Malang memang tidak pernah ada habisnya. Selain wisata alam yang menyajikan keindahan gunung, air terjun dan pantainya, Kabupaten Malang juga dikenal akan potensi eko wisatanya, salah satunya adalah Gunung Sari Sunset 9GSS). GSS merupakan sebuah daya tarik wisata bernuansa alam dan ekowisata. Dulunya GSS hanya dikenal sebagai tempat transit bagi wisatawan sebelum masuk kedalam wilayah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru melalui pintu Malang. DTW ini berada di Jl. Raya Gubugklakah, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang. Jalur menuju wanawisata ini sama dengan jalur untuk menuju Coban Pelangi. Jika kebetulan Anda berangkat dari Kota Malang, untuk menuju ke GSS diperlukan waktu sekitar 1,5 jam dengan berkendara.

GSS baru dibuka pada akhir 2016. Meski begitu banyak wisatawan yang datang karena DTW ini viral akan potensinya yang sangat Instagramable. Selain itu lokasinya yang berada di jalan utama menuju Bromo dari arah Tumpang, membuat tempat wisata ini cepat dikenal oleh masyarakat.

Saat pertama kali menginjakkan kaki di Gunungsari Sunset, pengunjung akan disuguhi bangunan-bangunan unik yang terbuat dari kayu, yang sekilas mirip rumah kayu di Kota Batu. Bangunan-bangunan tersebut dihias secara apik sehingga cocok dijadikan sebagai background untuk berswafoto.

Selain terdapat bangunan-bangunan rumah kayu yang cocok dijadikan tempat foto, seperti halnya namanya, GSS bisa dibilang lokasi yang pas untuk menikmati sunset di TNBTS. Tempat terbaik untuk menikmati senja di lokasi ini adalah di sebuah geladak pandang di sisi timur tempat wisata.

Tak hanya bisa mengabadikan cantiknya kilauan merah sinar matahari senja sebagai latar belakang yang menarik, pengunjung juga dapat mengabadikan keindahan vegetasi hutan dan kontur perbukitan latar belakang untuk berfoto selfie. Bahkan, anda harus rela antre untuk masuk jika berkunjung di akhir pekan.

Mengusung konsep homeandresto, pengelola Gunungsari Sunset juga menyediakan berbagai fasilitas penunjang yang cukup lengkap diantaranya adalah tempat parkir yang luas, cafe, restaurant, tempat foto, gazebo, musala, ayunan, dan bangku taman.

Bagi pengunjung yang ingin merasakan suasana menginap di dalam hutan, GSS juga menyediakan lima homestay yang dapat disewa dengan harga terjangkau yakni Rp. 250.000,- per malam. Tiap homestay telah dilengkapi dengan fasilitas seperti tempat tidur yang nyaman, lemari kecil, selimut, bantal, guling, dan colokan listrik.

Sejak dibuka untuk umum, sementara ini pengelola masih menggratiskan tiket masuk ke Gunungsari Sunset. Pengunjung hanya dikenakan biaya parkir sebesar Rp5.000 untuk sepeda motor dan Rp10.000 untuk parkir kendaraan roda empat.

Gallery

Attraction Lainnya