Keindahan alam dataran tinggi di gunung Lemongan ini bisa dengan mudah dinikmati oleh setiap pengunjung. Eksotisme sunrise dan sunset sudah jadi hal yang pasti bisa didapat saat sudah di puncak.

Gunung Lemongan di Lumajang jika ditotal memiliki 60 puncak. Puncak tertinggi gunung ini ialah puncak Tarub dengan ketinggian 1.651 meter. Gunung Lemongan dikelilingi oleh 27 maar yang beberapa diantaranya memiliki danau (ranu).

Puncak yang saat ini aktif berada sekitar 650 meter di sebelah barat daya puncak Tarub. Adapun untuk danau di kaki-kaki gunung Lemongan dikenal ada 3 ranu; ranu pakis, ranu bedali dan ranu klakah. Ranu-ranu ini memang tidak seeksotis ranukumbolo mahameru namun tetap jadi incaran para pendaki saat pendakian disini.

Untuk menjangkau lokasi wisata ini, Anda bisa memilih berbagai jenis moda transportasi. Meski secara fisik tidak setinggi gunung-gunung terkenal seperi Mahameru atau Andong namun medan menuju puncak juga tak kalah memicu adrenalin.

Untuk bisa melakukan pendakian ke gunung Lemongan, Anda perlu merogoh kocek sekitar Rp.200.000,-. Kisaran biaya ini adalah tarif untuk sekaligus menyewa pemandu dan belanja perlengkapan makanan di perjalanan. Jika Anda bisa menyiapkan semuanya dari rumah mungkin tidak akan menghabiskan lebih banyak uang.

Fasilitas ini tentu sebagian besarnya hanya ada di area pos pendaftaran sebelum mulai mendaki.

Gallery

https://drive.google.com/drive/folders/1ZGgKdaLOfBb0AIpDtyKW50JfPxJ8TsIA

Attraction Lainnya