Desa Wisata Tanoker terletak di Desa Ledokombo, Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember. Kurang lebih 30 km dari pusat kota Jember, atau kira kira 30 menit berkendara menggunakan kendaraan bermotor. Akses jalannya bagus dan mudah untuk ditemukan lokasinya  karena adanya penunjuk jalan menuju lokasi Desa Wisata Tanoker. Tanoker merupakan Bahasa Madura yang artinya Kepompong, nama ini diambil karena terinspirasi filosofi kepompong, tentang metamorfosa kehidupan manusia.

Desa Wisata Tanoker memiliki potensi yang unik dan menarik yakni permainan tradisional egrang. Permainan yang melatih ketangkasan, keseimbangan dan ketrampilan ini bahkan telah menjadi ikon Desa Tanoker. Wisatawan yang berkunjung ke Desa Tanoker dapat melihat anak- anak desa, baik laki- laki maupun perempuan yang bermain egrang, beradu cepat menggunakan egrang, menari bahkan bermain bola dengan egrang. Pengunjung juga bisa mencoba bermain egrang, bahkan bisa membeli egrang di Desa Tanoker. Desa Tanoker memiliki event tahunan permainan egrang yakni Festival Egrang Tanoker.

Disamping wisata permainan tradisional egrang, ada satu even bulanan di Desa Wisata Tanoker yang tidak kalah unik, yaitu Pasar Lumpur, yang lokasinya di Desa Sumber Lesung, Kecamatan Ledokombo, kira- kira 15 menit dari Desa Tanoker. Dinamakan Pasar Lumpur karena berada di area bekas persawahan, yang sebagian lahannya dibiarkan berlumpur dan digunakan oleh anak-anak Tanoker untuk bermain polo lumpur, permainan kerapan sapi atau permainan anak- anak lainnya.

Di Pasar Lumpur, pengunjung dapat melihat kelihaian anak anak Tanoker menari menggunakan egrang, melihat serunya permainan Polo Lumpur, bahkan pengunjung boleh ikut mencoba bermain egrang atau bahkan bermain lumpur. Bagi yang suka kuliner, di Pasar Lumpur tersedia kue-kue, makanan dan minuman tradisional dan kerajinan tangan yang dijual oleh Ibu-Ibu penduduk sekitar Desa Ledokombo, dengan harga murah meriah. Pasar Lumpur dilaksanakan setiap bulan pada hari Minggu terakhir, mulai pukul 08.00 sampai pukul 12.00 WIB.

Gallery

Attraction Lainnya