Desa wisata Sanankerto terletak di Desa Sanankerto, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, kurang lebih 24 km dari pusat kota Malang atau sekitar 1 jam dengan kendaraan bermotor menuju ke arah Malang Selatan. Lokasinya hanya berjarak 8 Km dari pusat kota Turen (Pasar Turen) atau 3 km dari Masjid ‘Tiban’ Sananrejo.

Potensi utama desa wisata Sanankerto adalah ekowisata Boon Pring, sebuah tempat wisata berbentuk telaga di area hutan bambu yang dilengkapi dengan berbagai aktifitas air seperti sepeda air, bola air, perahu, kolam renang, tempat menarik untuk berfoto, tempat memancing dan paket outbond. Disamping itu juga terdapat Arboretrum Bambu (museum pohon bambu) yang masih akan terus disempurnakan penataannya sehingga menjadi daya tarik tersendiri termasuk sebagai wisata edukasi. Saat ini telah terdapat kurang lebih 60 jenis pohon bambu dan sudah diberi penanda (papan informasi nama). 

Bagi para pecinta fotografi, Boon Pring merupakan lokasi yang memiliki momen Ray of Light (Rol), yang sering diburu oleh para fotografer. Keindahan sinar matahari pagi yang menerobos rimbunnya daun bambu, menghasilkan berkas sinar yang sangat indah.  Apabila anda tertarik untuk memburunya, silakan berkunjung ke Boon Pring sekitar Pk.06.00 – 07.30 WIB.  

Pada awalnya area Boon Pring adalah kawasan hutan bambu yang berfungsi sebagai konservasi air untuk keperluan irigasi. Kemudian muncullah ide untuk mengembangkan layanan ekowisata, sehingga fungsi konservasi tetap ada, namun masyarakat dapat mendapatkan nilai lebih dari adanya pariwisata.

Boon Pring sendiri artinya adalah Anugerah dari pohon bambu, Boon (anugerah) Pring (Bambu).

Jam buka Ekowisata Boon Pring mulai Pk.08.00 – Pk.17.00 WIB.

Fasilitas yang terdapat di Ekowisata Boonpring adalah : Tempat parkir, toilet, Kolam renang, penjual makanan dan oleh – oleh.

Gallery

https://drive.google.com/drive/folders/1GSYfk-MWIljwG7JsKrq9-mep1YN6MxJI

Attraction Lainnya