Desa Wisata Kemangi

Salah satu obyek wisata Desa Kemangi yakni Twin Lake Kemangi, yang terletak di Sidokumpul, Kemangi, Kecamatan Bungah, Kabupaten Gresik. Nama Kemangi diambil dari kata Kemangan yang dalam bahasa sang sekerta berarti  Pangkalan/ Pesisir. Yang karena letaknya dekat dengan laut dan berada di pesisir pantai maka dalam penyebaran agama Islam Desa Kemangi merupakan desa dengan penyebaran agama Islam yang tertua diwilayah Kecamatan Bungah, bahkan masjid yang dibangun merupakan masjid tertua di Bungah setelah Masjid Jami’ Kyai Gede Bungah.

Pada zaman dulu, dua telaga ini digunakan untuk tempat singgah para tantara Majapahit mencari minum juga untuk mandi atau mencuci. Twin Lake merupakan danau buatan peninggalan nenek moyang warga desa wisata Kemangi. Dinamakan Telaga Kembar karena letak nya yang saling berdampingan dan bersebelahan satu sama lain.

Untuk fasilitas yang diberikan beraneka ragam antara lain, arena bermain perahu di Telaga Kembar, maupun flying fox yang belum beroperasi. Hanya, sepeda gantung yang bisa dinikmati oleh pengunjung. Meski belum semuanya beroperasi, namun pengunjung tetap bisa berswafoto di sejumlah spot yang instagramable. Diantaranya, saung dari bambu dengan jembatan kelirnya. Jembatan ini ada bernuasa Tiongkok dan tradisional pedesaan. Sedangkan telaga Kembar tempat wahana air peruhu kayuh masih belum buka.

Saat ini, kedua telaga tersebut digunakan sebagai tempat wisata.  Telaga padusan menjadi lokasi wisata sepeda air, kemudian tempat makan dari saung bambu apung dengan menu andalan ikan bandeng, rajungan dan masakan sari laut lainnya. Sedangkan di telaga pangomben, hanya diberi tempat ayunan dan beberapa spot foto saja. Untuk jam operasionalnya dibuka dari jam 07.30 pagi – 16.30 sore sedangkan untuk masuk destinasi obyek wisata ini dibandrol hanya Rp. 2000 sampai Rp. 5000

Attraction Lainnya

Piket Nol

Piket nol adalah sebuah jalur peninggalan jaman penjajahan colonial untuk...

Read More