Desa Wisata Gubugklakah berada di Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang. Desa Wisata Gubungklakah dikenal sebagai salah satu desa penghasil apel di Indonesia serta memiliki potensi wisata alam yang indah seperti Gunung Bromo, Coban Pelangi, Coban Trisula, rafting dll.

Apabila anda berminat untuk berwisata di Desa Wisata Gubugklakah, anda harus menempuh perjalanan sekitar 23 km dari pusat Kota Malang. Desa Wisata Gubugklakah dulunya merupakan desa kecil yang menjadi pintu masuk menuju Gunung Bromo. Melihat potensi wisata alam yang luar biasa, kemudian masyarakat setempat membentuk Lembaga Desa Wisata (Ladesta Gubugklakah) atau Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Gubugklakah pada tahun 2010 lalu yang bertujuan untuk menggarap potensi wisata di desanya menjadi bernilai ekonomi.

Warga yang semula hanya mengandalkan agrowisata petik apel sebagai atraksi utama wisatanya, kemudian berkembang pesat seperti menyediakan homestay untuk menampung para tamu yang sedang berwisata, memberdayakan warga sebagai guide atau pemandu wisata ke Gunung Bromo, jasa transportasi wisata, dan masih banyak lagi.

Pengunjung juga dapat menjumpai toko yang menjual souvenir atau cenderamata khas Desa Gubugklakah seperti kaos custom bergambar foto wisatawan saat berkunjung ke di Desa Gubugklakah hingga Apel Kaligrafi, yakni souvenir berbentuk apel yang di permukaannya terpampang tulisan sesuai permintaan pembeli.

Salah satu daya tarik wisata di Desa Wisata Gubugklakah adalah Nusa Pelangi Agrowisata Sapi Perah yang merupakan tempat peternakan sekaligus pemerahan sapi dengan cara modern. Jangan lupa juga untuk menikmati sejuk dan indahnya panorama di Wana Wisata Coban Pelangi (Air Terjun Pelangi) yang kerap menyuguhkan fenomena pelangi di sekitar air terjun pada saat siang hari.

Yang tak kalah menarik, pengunjung bisa mampir ke wisata buatan nan instagramable bernama GSS (Gunungsari Sunset). Tempat kekinian ini menyuguhkan spot terbaik untuk melihat sunset dan juga pemandangan alam dari ketinggian. Di tempat ini Anda juga bisa melihat hamparan pepohonan pinus yang rindang, kafe, gazebo, serta gardu pandang untuk berfoto selfie sekaligus memandangi keindahan alam di sekeliling Anda.

Apabila suka aktivitas outdoor yang menantang, sempatkan pula untuk menjajal rafting dan river tubing di Sungai Amprong yang mengaliri Desa Gubugklakah. River tubing di Sungai Amprong ini tarifnya cukup murah, mulai dari Rp 75.000,- per pax untuk jalur pendek, sedangkan untuk jalur yang paling panjang dikenai biaya Rp 135.000,- per pax.

Tentu saja jangan lupa untuk mampir ke Agro Petik Apel. Apel yang dibudidayakan disini merupakan jenis manalagi yang memiliki ciri khas warna kulitnya hijau rata dan memiliki rasa manis segar. Anda bisa memetik sendiri apel-apel yang sudah matang dan biasanya akan ditarik biaya sekitar Rp 10.000,- per kg.

Gallery

Attraction Lainnya