Desa Wisata Duren Sari Sawahan terletak di Desa Sawahan Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek, sekitar 39 km dari pusat kota Trenggalek dan bisa dijangkau dengan 70 menit berkendara. Desa Wisata Duren Sari Sawahan menyuguhkan paket wisata alam, permainan tradisional, outbond, river tubing, kuliner serta homestay bagi para wisatawan. Paket yang disuguhkan mulai dari paket satu hari hingga menginap 2 hari 2 malam.

 

Memasuki Desa Wisata Duren Sari Sawahan, anda akan disuguhi welcome drink wedang jeser hangat yang sangat pas disajikan dengan suasana desa. Wedang Jeser khas ini hanya ada di Desa Wisata Duren Sari Sawahan, disajikan menggunakan teko dan cangkir bumbung yang terbuat dari bambu yang juga merupakan hasil produksi dari masyarakat sekitar. 

 

Salah satu paket wisata andalan Desa Wisata Duren Sari adalah Paket Wisata Alam yang terdiri atas paket jelajah alas duren IDF (International Durio Foresty), yaitu hutan durian terluas di Asia Tenggara dengan luas 650 hektar. Anda akan diajak menjelajah alas duren, diperkenalkan dengan pohon durian yang sudah berumur ratusan tahun, serta diajak merasakan kesegaran kali Bawok. Air Kali Bawok atau sungai di tengah-tengah alas durian IDF dipercaya dapat membuat awet muda. Jika sedang musim panen durian, anda akan diajak untuk panen durian langsung dari pohonnya, sehingga anda menikmati sensasi berbeda dengan menikmati durian di tengah-tengah suasana hutan durian. Selain itu anda juga akan disuguhi degan atau kelapa muda di tengah alas durian sebagai pelepas dahaga setelah lelah berjelajah.

 

Paket wisata lainnya adalah river tubing yang berlokasi di kali Watulawang. River Tubing Watulawang sudah dilengkapi dengan alat dan perlengkapan yang sesuai standar keamanan, mulai dari helm, baju pelampung, deker tangan dan kaki. Watulawang River Tubing akan dipandu oleh guide profesional dan dijaga setiap posnya. Anda akan diajak menelusuri kali Watulawang menggunakan ban yang sudah dilengkapi dengan tali keamanan untuk menikmati pemandangan alas duren. Jarak lintasan ini 700 meter cukup memuaskan dan mengacu adrenalin anda. Dan jangan kawatir, dari lokasi finish menuju lokasi awal sudah disediakan ojek langsung dari anggota Pokdarwis. Paket ini termasuk paket murah meriah. Hanya dengan Rp 55.000,00, selain fasilitas di atas, anda juga akan menikmati makan siang khas desa.

Bagi anda yang ingin benar-benar menikmati waktu liburan desa yang berkualitas jangan lewatkan menginap di homestay Desa Wisata Duren Sari dan membaur dengan masyarakat sekitar. Ada beberapa paket edukasi yang bisa dipilih, antara lain edukasi stek durian, edukasi pembuatan gula aren dengan mengambil nira langsung dari pohonnya, edukasi pengolahan kolang-kaling, membuat cangkir bumbung, menanam tanaman hidroponik, membuat reyeng, membuat gethuk bakar, wisata ke kebun manggis, wisata ke kebun salak, tarik tambang di atas ban, permainan tradisional egrang, lesan, gathok, kekehan, plok-plik, gepuk guling dan lain-lain.

 

Jangan lewatkan pula menikmati paket kuliner makanan khas desa. Sarapan dengan sompil, makanan yang terbuat dari nasi lontong dan sayur buah nangka dengan bumbu rempah. Kemudian siang hari dilanjutkan dengan makan siang khas desa yang terdiri atas nasi thiwul, nasi putih, sayur pakis, sayur daun singkong, gembrot, bothok, ikan goreng, dan sambal ijo. Untuk menu makan malamnya ialah genduri. Yaitu lodho, nasi gurih dan urap. Selain menu sarapan, makan siang dan makan malam juga disajikan snack khas desa antara lain kacang godhog atau kacang rebus, singkong rebus, gethuk, mendhut, pisang rebus, dan lain-lain.

 

 

Seluruh paket wisata ini bisa anda nikmati dengan harga terjangkau di Desa Wisata Duren Sari Sawahan Trenggalek.

Gallery

https://drive.google.com/drive/folders/173V1ZdeIrl8r3G64axsn_-WYMDmqjeya

Attraction Lainnya


Go Fun

Go Fun Bojonegoro merupakan wisata malam yang menyajikan berbagai wahana…

Read More


Atlanta

Atlanta ini merupakan salah satu wahana kolam renang yang ada…

Read More