Desa Wisata Bendosari terletak di Desa Bendosari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Desa yang terdiri dari lima dusun ini berada di sebelah barat Kota Batu, atau membutuhkan waktu tempuh perjalanan selama kurang lebih 45 menit menggunakan kendaraan bermotor.

Potensi wisata di Desa Bendosari sangat beragam, mulai dari wisata alam, wisata agro, hingga wisata pendidikan. Selain itu tradisi dan budaya masyarakat petani dan peternak ini juga sangat beragam dan menarik untuk diselami. Berbagai macam potensi wisata tersebut kemudian dikembangkan dan dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) Bendosari dalam bentuk paket-paket wisata.

Adapun potensi wisata yang ditawarkan antara lain Coban Grojogan Sewu, Grojogan Mutiara, Jalur Perjalanan Sepanjang Sungai Panguripan dan menuju Sumber Telaga serta Sumber Air Manis. Selain itu pengunjung dapat merasakan sensasi memetik apel di perkebunan milik warga serta belajar tentang  tradisi masyarakat dan pengolahan biogas dari ternak sapi. Biogas ini kemudian dijadikan sebuah Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro. Jangan lupa pula untuk membeli oleh-oleh lampu hias dan anyaman yang indah yang dibuat oleh pengrajin di desa wisata tersebut. Hampir semua potensi wisata diatas sungguh menarik untuk dinikmati baik oleh perorangan maupun rombongan wisatawan.

Gallery

Attraction Lainnya