Coban Tundo berlokasi di Desa Sidoasri, Desa Tambak Asri, Kecamatan Sumbermanjing wetan Kabupaten Malang. Disini anda tidak hanya dapat berwisata di 1 air terjun tetapi terdapat 4 air terjun dalam satu lokasi. Namun pengunjung hanya dapat mengunjungi 3 lokasi air tejun saja karena lokasi air terjun ke -4 sangat sulit untuk dijangkau sehingga pengelola melarang kunjungan ke lokasi air terjun tersebut.

Coban Tundo memiliki 3 air terjun dengan karakterisktik serta keindahan yang berbeda.

Air terjun yang pertama kali dijumpai dikenal dengan nama Coban Tundo Siji yang berarti air terjun kesatu. Coban Tundo Siji memiliki ketinggian sekitar 5 meter dengan kedalaman 1 hingga 5 meter. Lokasi ini merupakan spot yang cocok untuk mandi, selfie, dan berenang. Tersedia juga persewaan pelampung bagi anda yang tidak mahir berenang. Kolamnya juga cukup luas dan dikelilingi oleh pepohonan, sehingga menyajikan keteduhan dan kesegaran air saat berada di lokasi Coban Tundo Siji.

Melanjutkan perjalanan selama 10 menit, anda akan menjumpai Coban Tundo Loro. Untuk menuju spot ini, sudah disediakan tangga yang mempermudah pengunjung untuk turun. Disini anda bisa mandi atau berenang, namun disarankan bagi yang sudah mashir berenang saja karena kolamnya memiliki kedalaman sekitar 7 sampai 15 meter. Banyak pengunjung yang melakukan atraksi loncat dari tebing atau bergelantung pada sebuah akar pohon persewaan pelampung dan warung yang menjajajakan makanan dan minuman. Selain berenang, Coban Tundo Loro juga terkenal sebagai tempat hunting foto karena pemandangannya yang indah.

Coban Tundo Telu atau air terjun yang ke tiga memiliki ketinggian 15 meter serta kolam kecil dengan bentuk cekungan dengan arus pusaran yang sangat kuat. Pengunjung dilarang berenang atau mandi disini karena sangat berbahaya.

Untuk berwisata di Coban Tundo, anda harus menempuh perjalanan sekitar 60 km atau 2 jam dari pusat Kota Malang. Rute yang harus dilalui untuk menuju Coban Tundo jika dari Malang adalah menuju Gadang, kemudian lanjutkan menuju Kecamatan Bulu Lawang. Setelah perjalanan dilanjutkan menuju Dampit. Setelah tiba di Pasar dampit lurus ke arah pertigaan kemudian ambil arah menuju Sukodono. Disana anda akan menemukan papan penunjuk jalan menuju Coban Tundo. Lokasi air terjun tidak dapat diakses menggunakan kendaraan roda 4 sehingga anda harus meneruskan perjalan dengan menyewa ojeg. Pengunjung akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp. 5.000,- per orang. Jam operasional Coban Tundo dari pukul 08.00 sampai dengan pukul 17.00 dari hari Senin sampai dengan hari Minggu.

Gallery

Attraction Lainnya


Pantai Selok

Objek Wisata Pantai Selok berlokasi di Dusun Kandangmerak, Desa Sumberbening,…

Read More