Candi Sumberawan merupakan salah satu situs peninggalan kerajaan Singasari yang berlokasi di Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. Lokasinya hanya berjarak sekitar 6 km dari Candi Singosari. Candi Sumberawan dulunya bernama Kasurangganan sebuah nama yang terkenal dalam kitab Negarakertagama. Candi ini pertama kali ditemukan pada tahun 1904 dan merupakan satu-satunya stupa yang ditemukan di Jawa Timur. Diperkirakan candi ini dahulu memang didirikan untuk tempat pemujaan.

Menurut juru kunci candi, nama Sumberawan berasal dari dua kata yakni sumber dan rawan. Artinya kurang lebih sumber yang berasal dari rerawan atau rawa-rawa. Kawasan Sumberawan dahulu disebut juga sebagai Tanah Kasurangganan atau Tanah Bidadari – konon terdapat sumber air yang biasa disambangi para bidadari. Letaknya berada di lereng Gunung Arjuna, dengan ketinggian 650 meter di atas permukaan laut.

Candi Sumberawan semakin ramai dikunjungi sejak pihak pengelola dari Perum Perhutani KPH Malang menata area sekitar menjadi tempat wisata dengan menambahkan taman bunga, taman lampion, dan hammock di sekitar hutan pinus. Selain itu pengunjung juga dapat berenang atau sekedar mandi di Pemandian Sumberawan yang konon dipercaya dapat membuat awet muda.

Untuk berwisata di Candi Sumberawan, pengunjung cukup membayar tiket masuk sebesar Rp. 5.000,- per orang.

Gallery

Attraction Lainnya