Malang merupakan kawasan  wisata dengan beragam destinasi mulai dari taman rekreasi, pegunungan, agrowisata, hingga sejarah. Salah satu destinasi wisata sejarah yang menarik untuk dikunjungi adalah candi. Di Malang terdapat sejumlah candi yang merupakan bukti adanya kejayaan masa kerajaan di daerah ini. Candi di Malang didominasi oleh candi peninggalan kerajaan Singosari yang berpusat di Malang.

Candi Singosari atau Singasari terletak di Desa Candi Renggo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. Candi ini juga dikenal dengan nama Candi Cungkup atau Candi Menara, karena pada masanya candi Singosari adalah candi yang tertinggi. Candi Singosari konon merupakan tempat “pendharmaan” bagi raja Singhasari terakhir, yaitu Raja Kertanegara, yang mangkat pada tahun 1292 akibat istananya diserang tentara Gelang-Gelang yang dipimpin oleh Jayakatwang. Banyak yang memperkirakan bahwa candi ini dibangun sekitar tahun 1300 M, sebagai persembahan untuk menghormati Raja Kertanegara dari Singhasari.

Tidak hanya belajar tentang sejarah kerajaan Singasari, pengunjung juga dapat beriwisata di area sekitar Candi. Pengunjung dapat berfoto atau berswafoto dengan latar belakang Candi yang aesthetic. Selain itu banyak terdapat spot foto menarik di sekitar Candi. Fasilitas yang tersedia juga cukup memadai diantaranya tempat parkir, Warung atau tempat makan, toilet umum, Mushola, dan Gazebo untuk bersantai.

Candi Singasari terletak di desa Candirenggo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. Bagi pengunjung yang hendak berwisata disini dapat menempuh perjalanan sekitar 10 km dari Kota Malang dengan kendaraan bermotor. Pengunjung tidak dikenakan biaya tiket masuk namun dapat memberikan sumbangan sukarela sebesar Rp. 5.000,-. Jam buka Candi Singasari mulai pukul 07.30 – 16.00 WIB.

Gallery

Attraction Lainnya


GUNUNG WATU

Gunung Watu berada di Dusun Krondonan, Desa Krondonan, Kecamatan Gondang….

Read More