Candi Pamotan merupakan salah satu bangunan candi yang dikeramatkan oleh masyarakat sekitar candi tersebut. Bangunan candi di wilayah Sidoarjo merupakan peninggalan dari masa kerajaan Majapahit karena lokasinya cukup dekat dengan pusat pemerintahan kerajaan tersebut. Candi ini terbagi menjadi dua, yakni Candi Pamotan 1 dan Candi Pamotan 2, keduanya memiliki lokasi sangat berdekatan.

Candi Pamotan terbagi atas dua bangunan memiliki karakterisktik berbeda. Bangunan pertama lokasinya berada di tengah-tengah pemukinan yang bentuknya sedikit lebih utuh karena ditemukan terlebih dahulu. Candi ini juga dikelilingi oleh kolam kecil berisikan puluhan ikan mas.

Komplek Candi Pamotan sendiri berada di Dusun Pamotan, kawasan Desa Beringin, Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo. Lokasinya berada di sebelah Jalan Tol Arteri Porong Sidoarjo. Untuk mencapainya dapat melalui Jalan Arteri Porong dengan mengikuti rute menuju arah Sun city Mall. Sebelum sampai di area Sun city Mall, belok kiri menuju Kecamatan Pamotan. Lalu sekitar 400 meter akan menjumpai perempatan jalan. Kemudian belok kiri menuju Balai Desa Pamotan. Lurus saja mengikuti papan penanda jalan menuju komplek Candi Pamotan berada.

Gallery

https://drive.google.com/drive/folders/1sA24LsPwlUoeTPtyB1cJC5lSlBlJqGAV

Attraction Lainnya