Candi Kidal terletak di Jl. Raya Kidal, Desa Rejokidal, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang. Candi Kidal merupakan Candi Hindu, warisan Kerajaan Singosari, yang dibangun sebagai penghormatan atas jasa Raja Anusapati pada masa pemerintahan Tahun 1227-1248 M. Pada tahun 1925 Belanda menemukan Candi Kidal dalam keadaan tidak utuh. Kemudian Candi Kidal mengalami beberapa pemugaran baik zaman Belanda maupun Pemerintah Republik Indonesia. Pemugaran secara fisik dilakukan oleh Pemerintah RI pada Tahun 1986-1988 dan penataan lingkungannya dilaksanakan pada Tahun 1989, melalui Proyek Pemugaran dan Pemeliharaan Peninggalan Sejarah dan Purbakala Jawa Timur. Purna pugar selesai pada Tahun 1990.

Candi Kidal memiliki keunikan pada arsitekturnya yang berkarakteristik candi Jawa Tengah. Selain itu diyakini bahwa Candi Kidal merupakan candi yang berfungsi sebagai tempat pemujaan tertua di Jawa Timur.

Disamping belajar sejarah, berwisata di Candi Kidal meemiliki daya tarik tersendiri dari para wisatawan. Biasanya wisatawan banyak berkunjung ketika libur akhir pekan dan musim libur sekolah. Selain dikunjungi oleh wisatawan nusantara dari wilayah sekitar Malang, Candi Kidal juga ramai dikunjungi oleh wisatawan dari Solo Jawa Tengah. Berbagai aktifitas bisa dilakukan di daya tarik wisata ini seperti bersantai hingga berfoto ria ataupun melakukan sesi pemotretan pre-wedding. Hal ini dikarenakan taman di sekitar Candi Kidal sangat terawat dan cantik. Candi Kidal dikelola oleh BPCB Jawa Timur.

Fasilitas yang tersedia juga cukup lengkap seperti tempat parkir, musholla, papan informasi tentang sejarah dan dokumentasi candi. Untuk beriwisata di Candi Kidal tidak diperlukan biaya masuk cukup memberikan sumbangan sukarela. Jam operasional mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB.

Gallery

Attraction Lainnya