Candi Jawar Ombo terletak di Pedukuhan Kaliputih, Desa Muliosari, Kecamatan Ampel Gading, Kabupaten Malang. Candi tunggal ini berlokasi di Jaraknya sekitar 32 kilometer dari pusat kota Malang. Terletak pada  ketinggian 1400 meter di atas permukaan laut, menurut sejarah Candi Jawar Ombo ditemukan pada tahun 1982- 1983 dengan kondisi sudah tertimbun tanah.

Candi Jawar Ombo masih kurang populer sebagai tempat wisata. Fasilitas yang tersedia disekitar lokasi juga masih belum banyak dan belum dikelola secara komersil. Hal ini menjadikan Candi Jawar Ombo dikunjungi sedikit pengunjung, tidak seperti situs candi lainnya di Malang yang sudah popular seperti Candi Singasari, Jago dan Songgoriti.  

Untuk berwisata di Candi Jawar Ombo pengunjung harus berkendara selama kurang lebih 2 jam dari pusat Kota Malang. Perjalanan dilanjutkan kurang lebih 3 km dari pemukiman warga menuju lokasi candi. Wisatawan dapat berjalan kaki atau menggunakan motor non matic untuk menuju lokasi tersebut dikarenakan medan menuju candi yang cukup menantang dan tidak sepenuhnya beraspal. Meski demikian, wisatawan  dapat memanfaatkan jasa ojek motor trail yang ditawarkan oleh masyarakat setempat. Sepanjang jalan menuju lokasi candi, wisatawan dapat menikmati pemandangan Gunung Semeru dan perkebunan milik masyarakat setempat. Udara di sana pun juga sejuk, bahkan tidak jarang kabut datang menyambut kedatangan para wisatawan.

Candi Jawar Ombo telah dipugar pada 9 September 2014 sehingga selain sebagai situs purbakala, dapat pula digunakan sebagai Pura untuk beribadah umat Hindu. Candi tersebut juga kadang digunakan sebagai tempat berdoa atau ritual masyarakat setempat. Ritual-ritual tersebut biasanya dilakukan pada malam Suro dan malam Jumat Legi. Tidak hanya itu saja, mayarakat luar daerah khususnya yang berasal dari Bali juga sering mengunjungi Candi Jawar Ombo untuk beribadah. Mereka juga biasanya mengunjungi tempat ini saat malam purnama.

Gallery

Attraction Lainnya