Candi Dadi  terletak di Dusun Mojo, Desa Wajak Kidul, Boyolangu Kota Tulungagung. Candi Dadi mempunyai daya tarik dan keunikan  tersendiri, Candi Dadi merupakan sebuah bagian dari kompleks percandian karena Desa Wajak Kidul bagian selatan merupakan perbukitan, Candi Dadi merupakan puncak tertinggi dari pegunungn deretan utara Walikukun.  Letak Candi Dadi tak jauh dari lokasi Candi Cangkup, Gayatri, dan Goa Selomangleng. Candi Dadi merupakan candi tunggal , tidak memiliki tagga masuk hiasan maupun arca, sehingga untuk naik ke atas bangunan harus menggunakan tangga bambu. Candi Dadi terdiri dari bebatuan Andesit.

            Candi Dadi memiliki daya tarik bagi pengunjung yaitu mempunyai pesona keindahan yang bernuansa sejarah peninggalan dari kerajaan Majapahit dari abad XIV sampai XV. Menurut informasi bahwa Candi Dadi dibangun oleh rakyat Kerajaan Majapahit yang beragama Hindu-Budha yang mengasingkan diri yang bertujuan untuk mempertahankan kepercayaan ketika masa berakhirnya kekuasaan Hayam Wuruk.  Candi Dadi berapa pada ketinggian 360 mdpl  berada ditengah areal kehutanan RPH Kalidawir dengan atas candi yang berbentuk segi delapan dengan lubang ditengahnya dengan ukuran lubang sekitar 3,35 meder dengan kedalaman 3 meter. Wisata Candi dadi memiliki beberapa fasilitas diantaranya adanya area parkir kendaraan, mushola, toilet atau MCK, tumah makan dan masih banyak lagi. Transportasi yang dapat digunakan ketika akan berwisata ke Candi Dadi seperti sepeda motor dan mobil pribadi. Namun ketika memakai kendaraan umum seperti bis atau angkutan juga bisa tetapi hanya sampai desa Wajak kidul atau terminal setelah itu dilanjut dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun ojek untuk sampai ke tempat wisata Candi Dadi. Ketika berwisata ke Candi dadi kita hanya membayar tiket masuk sebesar Rp. 5000,00 baik weekend (sabtu minggu) maupun weekday (senin-jumat), Candi Dadi buka selama 24 jam  sesuai dengan zona waktu setempat yaitu waktu Asia/Jakarta.

Rute  ketika ingin bewisata ke Candi Dadi dari Kota Tulungagung ambil arah ke selatan menuju jalan umata Kecamatan Boyolangu. Ada tiga pilihan jalur ketika ingin berwisata ke Candi Dadi yaitu jalur barat, jalur utara dan jalur timur. Ketika memilih jalur timur, begitu masuk jalan raya menuju ke Desa Wajak Kidul akan menemukan jalan dengan gapura besar bertuliskan aksara jawa. Jika jalur barat akan melewati rumah-rumah penduduk. Ketika berwisata dengan mengambil jalan utara dan menjumpai pertigaan Desa Sanggrahan kemudian dilanjutkan perjalanan sekitar kurang lebih 1 KM, dari situ akan terlihat papan petunjuk dari sebuah gang menuju Candi Dadi. Jarak tempuh menuju Candi dadi dari puncak bukit sekitar 3 KM dengan berjalan kaki dengan jalan setapak.

Gallery

https://drive.google.com/drive/folders/1mVlFHRQLq3fn0euZRT9uAhBiVwSo-Yj0

Attraction Lainnya


Geni Langit

Taman Wisata Genilangit merupakan wisata alam dengan konsep kekinian yang…

Read More