Candi Bajang Ratu merupakan salah satu candi peninggalan kerajaan Majapahit, yang berada di desa Temon, Kecamatan Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur. Berdasarkan namanya, Bajang Ratu diambil dari bahasa jawa yaitu asal kata bajang dan ratu, bajang sendiri artinya kerdil, jadi bajang ratu maksudnya adalah bahwa Raja Jayanegara dinobatkan sebagai raja kerajaan Majapahit ketika masih kecil.

Candi ini berbentuk gapura yang terbuat dari batu bata merah, dimana pada jaman dahulu difungsikan sebagai pintu utama menuju kerajaan Majapahit. Candi Bajang Ratu atau sering disebut gapura bajang ratu merupakan sebuah candi peninggalan kerajaan Majapahit yang dibangun pada abad ke-14.

Berwisata ke Candi Bajang Ratu tidak hanya mempelajari sejarah, namun kita juga bisa menikmati keindahan taman disekitar candi. Selain itu, candi ini juga memiliki beberapa spot foto yang instagrammable. Terletak tidak jauh dari jalan utama Mojokerto – Jombang, akses menuju Candi Bajang Ratu sangat memadai dan dapat dilewati oleh kendaraan bermotor dari roda 2 (dua) hingga bus wisata. Untuk memasuki area Candi tidak dikenakan biaya namun pengunjung wajib mengisi daftar hadir dan memberikan sumbangan sukarela untuk membantu perawatan kebersihan Candi.  Fasilitas di Candi Bajang Ratu cukup memadai antara lain toilet dan mushola sebagai tempat ibadah bagi umat muslim.

Gallery

https://drive.google.com/drive/folders/1c5CWzwV6Wne-A8wTal1vQPHV0rRESgIp

Attraction Lainnya