Salah satu tempat wisata yang menjadikan batik sebagai magnet utama bisa anda temui di The Waroeng, pusat batik Sumbersari Bondowoso. Terletak Desa Sumbersari, Kecamatan Maesan, lokasi ini dapat dijangkau dengan 20 menit berkendara, karena hanya berjarak 15 km dari pusat kota Bondowoso. Daya tarik wisata ini memadukan keindahan alam, batik, serta ragam kuliner tradisional. The waroeng mengusung konsep eduwisata batik dengan tatanan dan desain khas pedesaan. Begitu sampai di lokasi anda akan disambut rimbunnya tanaman hijau dan bunga-bunga serta berbagai ornament khas Jawa Timur seperti ukiran, wayang, dan dekorasi kain batik. Setelah itu di lobi terdapat galeri batik dimana anda bisa menikmati batik yang dipajang serta menyaksikan para pekerja tengah mengerjakan proses membatik menggunakan canting. Melangkah lebih dalam lagi anda akan melihat sejumlah saung yang bisa digunakan untuk beristirahat sambal menikmati berbagai menu makanan tradisional yang tersedia di The Waroeng. Jangan lupa memesan kopi arabika Ijen yang pasti pas dinikmati di lokasi ini yang asri dan menarik ini.

 

Di The Waroeng, anda bisa melihat maupun mencoba ikut serta dalam berbagai tahapan pembuatan kain batik. Mulai dari menggambar, membatik menggunakan lilin, mewarnai, mencuci, hingga tahap pengemasan, bisa dilihat langsung dan gratis sembari anda menunggu pesanan makanan anda siap. Batik Sumbersari tidak terbatas pada batik tulis saja, juga tersedia batik cap maupun batik yang motifnya dibuat langsung menggunakan daun singkong dan tembakau. Motif batik ini sangat unik dan khas dengan guratan – guratan daun alami, dan merupakan motif khas batik Bondowoso dan Jember. Selain motifnya yang khas, batik Bondowoso ini menggunakan warna-warna yang kontras dan beraneka warna. Istimewanya lagi batik Sumbersari menjaga keunikan hasil batiknya dengan menerapkan kebijakan satu desain batik tulis hanya dibuat untuk satu kain. Dijamin batik yang anda beli di lokasi ini tidak ada desain yang sama di pasaran.

Harga untuk kain batik Sumbersari berkisar antara Rp. 400.000 hingga jutaan. Selain kain, di galeri batik juga tersedia baju maupun hasil kerajinan beraksen batik. The Waroeng juga menawarkan venue untuk foto prewedding maupun outbond.

 

Gallery

https://drive.google.com/drive/folders/1FTmV_N3mIuY2gL2dtE4iUNAEuX66XMc4

Attraction Lainnya


GUNUNG WATU

Gunung Watu berada di Dusun Krondonan, Desa Krondonan, Kecamatan Gondang….

Read More