Balai Kota Surabaya memiliki fungsi utamanya sebagai kantor Walikota Surabaya. Namun khusus hari Jumat, Sabtu, dan Minggu bangunan ini berfungsi sebagai destinasi wisata sejarah. Pengunjung dapat berwisata sekaligus menjelajahi sejarah Kota Surabaya.

Didirikan sejak tahun 1920 dan diresmikan pada tahun 1926, Balai Kota Surabaya pada mulanya bernama Seribu Gulden.  Hal ini dikarenakan dalam pembangunannya cukup menghabiskan dana yang banyak. Di dalam Balai Kota Surabaya pengunjung dapat menikmati keindahaan taman bunga di sekeliling balai. Yang menarik adalah Bunker atau ruangan bawah tanah yang dahulu digunakan sebagai tempat penyimpanan sekaligus sebagai jalan rahasia.

Balai Kota Surabaya terletak di Jl. Walikota Mustajab No. 59, Kecamatan Genteng, Surabaya. Bagi pengunjung yang tertarik dengan sejarah Kota Surabaya dapat mengikuti layanan tour melalui Surabaya Heritage atau menghubungi Tourist Information Center (TIC). Fasilitas yang tersedia diantaranya area parkir, taman, toilet, mushola, dan terdapat rumah makan di area sekitar Balai Kota. Jam operasional Balai Kota mulai pukul 08.00-16.00 (Senin – Jumat) dan Libur untuk hari Sabtu dan Minggu.

Gallery

Attraction Lainnya