Arca ini merupakan bagian dari candi terdapat di dalam kawasan peninggalan kerajaan Singhasari yaitu di kawasan Candi Singosari. Arca ini adalah salah satu bangunan budaya bersejarah yang sayangnya sudah terkikis termakan jaman. Arca ini berbentuk makhluk raksasa yang duduk berhadapan didepan pintu masuk candi, yang kala itu dipercaya sebagai penjaga atau penangkal hal buruk.

Patung Dwarpala ini berbentuk setengah manusia dan setengah hewan, merupakan hasil dari ajaran Siwa dan Budha pada jaman kerajaan Singhasari. Terbuat dari batuan monolitik dengan ketinggian lebih dari 3 m yang namanya sendiri diambil dari bahasa Sansekerta yang bermaksa penjaga pintu.

 

Jika pengunjung ingin mengetahui seluk beluk peninggalan jaman kerajaan tidak ada salahnya untuk berkunjung ke Kota Singosari di Kabupaten Malang. Dengan harga tiket masuk yang sukarela digunakan untuk pemeliharaan obyek wisata ini, pengunjung tidak perlu merogoh kantong terlalu mahal dan jam buka obyek wisata ini setiap hari dari pagi hingga sore hari.

Gallery

https://drive.google.com/drive/folders/1Vsxhg6UkDKchVF6dGFpMOqMn16OS9SDw

Attraction Lainnya


Siti Inggil

Siti Inggil merupakan situs purbakala di Mojokerto dengan gaya arsitektur…

Read More