Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang terletak di antara dua kabupaten. Kabupaten tersebut yaitu Kabupaten Lumajang dan Malang. Oleh karena itu, pintu masuk air terjun ini bisa dari Lumajang ataupun Malang. Untuk masuk ke objek wisata ini, pengunjung dikenakan tiket yang cukup murah, cukup 10 ribu rupiah. Harga tiket berlaku sama untuk anak maupun dewasa. Tidak perbedaan antara hari biasa dan akhir pekan.

Air terjun ini dapat dikunjungi setiap hari, dengan waktu buka sampai pukul 5 sore. Tetapi waktu yang untuk mengunjungi air terjun ini adalah di pagi hari. Karena pengunjung dapat menikmati suasana dan pemandangan air terjun yang indah.

Lokasi air terjun berada di dalam hutan, sehingga suasana masih sangat asri. Pengunjung dapat merasakan sejuknya udara dan rimbunnya pepohonan. Sesekali, sayup – sayup terdengar suara burung berkicau dan hewan hutan lainnya.

Keistimewaan dari air terjun ini sehingga berbeda dari yang lain adalah bentuknya. Jika biasanya hanya ada satu aliran, Tumpak Sewu memiliki beberapa aliran seperti Niagara. Yang membuatnya tampak seperti tirai lebat dari air jernih.

Suara gemuruh air terjun begitu riuh dan tampak menyegarkan. Keindahannya begitu mempesona, apalagi pengunjung dapat menikmati pemandangan dari atas maupun bawah. Di sini juga disediakan gardu pandang untuk menyaksikan keelokan air terjun dari atas.

Menuju area area terjun dapat dikatakan cukup memacu adrenalin. Betapa tidak, untuk mencapai lembahnya, pengunjung harus melakukan perjalanan yang menantang melalui medan yang sangat sulit.

Pengunjung harus turun melalui dinding – dinding air terjun. Bahkan, ada yang tidak memiliki jalan, dan pengunjung harus melewati bagian tengah air terjun kecil. Ditambah lagi, curamnya medan membuat pengunjung harus ekstra berhati – hati.

Bahkan terkadang, tangga dari bambu yang dibuat sudah rusak sebagian. Tapi tenang saja, karena jalan yang dilalui sudah dilengkapi dengan pengaman. Ada yang berupa pegangan besi, kayu, serta pegangan tali.

Tidak hanya air terjun, di sini juga terdapat sebuah goa. Goa ini bernama Goa Tetes. Goa Tetes ini biasanya digunakan untuk menyepi orang dengan kepercayaan tertentu. Meski begitu, pengunjung umum juga dapat memasukinya.

Gallery

https://drive.google.com/drive/folders/1HqgJHFNxr9UitJwxvRtbx9P9J2xtLytv

Attraction Lainnya