Perkebunan Kopi Arabika Kalisat Jampit (Kaja) terletak di Kecamatan Sempol, Kabupaten Bondowoso 74 km kearah timur kabupaten Bondowoso. Memiliki luas 4000 hektar dan terletak pada ketinggian 1.100-1.550 meter di atas permukaan air laut.

 

Di perkebunan ini, pengunjung dapat menikmati  pemandangan yang hijau, udara yang sejuk, dan setiap pengunjung bisa menyaksikan secara langsung proses penggilingan hingga pengemasan kopi arabika sampai siap untuk dipasarkan. Selain menikmati hal-hal berbau kopi, terdapat fasilitas lain yang ditawarkan seperti taman bunga, kolam pancing, kolam renang dan lapangan tenis.

Paket wisata yang ditawarkan adalah Wisata pabrik dan Wisata kebun. Dengan mengikuti kedua paket tersebut, pengunjung bisa menyaksikan aktivitas kerja keseharian sejak proses panen sampai pasca panen. 
Wisata kebun paling bagus dilakukan pada bulan panen raya kopi arabika, yaitu sekitar bulan Juli-Agustus. Pada saat itu, wisatawan bisa turut merasakan menjadi petani kopi yang memetik biji kopi.

 

Akses yang mudah untuk menuju ke Perkebunan Kaja adalah lewat jalur jalan raya Kota Bondowoso  ke arah Situbondo. Di sepanjang perjalanan, panorama perkebunan, baik itu perkebunan cokelat atau tebu, sangat mendominasi dan udara sejuk khas pegunungan akan mewarnai sepanjang perjalanan sampai di lokasi perkebunan.

 

Kalau Anda pergi ke sana naik angkutan umum, hanya ada satu jenis angkutan yang bisa dipakai, yakni kendaraan angkutan pedesaan seperti mikrolet  dari Gardu Atak (Kec. Wonosari) sampai ke perkebunan (Kec. Sempol).
Namun, perlu diingat, angkutan tersebut merupakan angkutan pedesaan sehingga jadwal keberangkatan dan kedatangan angkutan tidak pasti.

Gallery

https://drive.google.com/drive/folders/18vuQ5ol6Upw_XxhWru2Vy3EmT6XkhBki

Attraction Lainnya